Jalan Rusak di Brebes Kembali Dikeluhkan Warga

SuaraNegeri.com
24 April 2023 | 14:52 WIB Last Updated 2023-04-24T07:52:40Z

SUARA NEGERI | BREBES — Banyaknya jalan rusak di Brebes kembali dikeluhkan warga. Warga meminta Pemkab serius melakukan perbaikan, selain jalan rusak sudah dibiarkan terlalu lama, jalan rusak tersebut mengganggu aktivitas dan sering menyebabkan kecelakaan.

Salah satunya jalan poros yang menghubungkan Desa Cinanas Kecamatan Bantar Kawung dengan Desa Pruwatan hingga Desa Kaliwadas Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes sedikitnya satu kilo meter jalan rusak parah berkubang.

Udi (38) warga Desa Cinanas  Kecamatan Bantarkawung mengatakan, jalan di kampungnya sudah tidak nyaman dilalui. Selain banyak lubang, permukaan jalan juga sudah tidak rata. Akibatnya, tidak sedikit pengendara yang terjatuh.

"Kondisi jalannya sudah lama rusak banyak berlubang, selain sudah sudah dibiarkan rusak terlalu lama jalan ini juga berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan,” ujarnya.

Udi mengaku prihatin atas persoalan jalan rusak tersebut. menurutnya jalan poros itu merupakan akses penting dan utama di mata Warga. 

Selain itu, menurutnya infrastruktur wilayah perbatasan mestinya menjadi perhatian pemerintah setempat. Karena menjadi penilaian warga luar daerah.

Banyaknya jalan rusak di Brebes juga menjadi sorotan Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi (GNPK-RI) Kabupaten Brebes. Ketua GNPK-RI Brebes, Budi Prabowo prihatin dan mendesak Pemda Brebes segera melakukan perbaikan.

"Kami dari GNPK- RI menghimbau kepada Pemerintah Kabupaten Brebes, terkait banyaknya jalan yang rusak dan sudah tidak layak lagi, untuk dapat segera dilakukan perbaikan," ujar Budi Prabowo, saat dihubungi pada Senin 24 April 2023.

Budi bahkan mempertanyakan  kepedulian para pemangku jabatan maupun para wakil rakyat yang duduk di kursi DPRD.

"Seorang pemimpin daerah maupun seorang anggota dewan, jangan hanya memikirkan golongan dan partainya saja. Tapi, tolong sebagai kewajibannya untuk memperdulikan persoalan di lapangan, seperti jalan rusak parah," tegasnya.

Menurut Budi jika dibiarkan terus menerus, masyarakat akan beranggapan bahwa Pemerintah terkesan tutup mata dan tidak serius menangani persoalan infrastruktur di wilayahnya.

Sementara dikutip dari berbagai sumber, Kabupaten Brebes yang memiliki wilayah terluas ke dua se-Jawa Tengah memiliki kerusakan jalan hingga 556 kilo meter, dengan memerlukan penanganan perbaikan hingga 5 tahun dengan estimasi menelan biaya hingga 700 milyar. 

Hal tersebut akhirnya memaksa pemimpin Kabupaten Brebes saat ini harus mengadu dan meminta bantuan ke Provinsi.

Hal itu diketahui saat Pj Bupati Brebes, Urip Sihabudin sampaikan dalam Rapat Koordinasi Penanganan Kerusakan Infrastruktur Sumber Daya Air dan Jalan yang digelar Pemprov Jateng pada beberapa waktu lalu. (Roni)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jalan Rusak di Brebes Kembali Dikeluhkan Warga

Trending Now

Iklan