Iklan

Gubernur AAL Hadiri Pengukuhan Pesud dan Helikopter

SuaraNegeri.com
20 Januari 2023 | 10:36 WIB Last Updated 2023-01-20T03:36:47Z

SUARA NEGERI  | SURABAYA —  Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali didampingi Ketum Jalasenastri  Ibu Fera Muhammad Ali memimpin jalannya acara pengukuhan satu unit Pesawat Udara (Pesud) CN 235-220 MPA, satu unit Helikopter Bell 505 Jet Ranger X dan tiga unit pesud Piper Archer PA-28-181 dibawah binaan Wing Udara 2 Puspenerbal, bertempat di Baseops Lanudal Juanda, Kamis (19/1).

Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksda TNI Denih Hendrata didampingi Ketua Cabang Berdiri Sendiri (CBS) Jalasenastri AAL Ny. Kiki Denih Hendrata turut hadir menyaksikan pengukuhan Pesud diatas bersama Pejabat Utama Mabesal dan segenap Pangkotama TNI AL Wilayah Surabaya beserta istri.

Pesud CN 235-220 MPA memiliki fungsi sebagai intai udara maritim dan pengamatan laut yang diproduksi PT. Dirgantara Indonesia dan merupakan pesawat ke 6 dibawah binaan Skuadron Udara 800 Wing Udara 2, merupakan pesawat dengan efisiensi yang sangat tinggi, dengan maksimum endurance 9 jam patroli maritim lebih maksimal untuk pencarian target, ditambah kecepatan jelajah lebih dari 180 kt.

Adapun Helikopter Bell 505 Jet Ranger X (JRX) merupakan helikopter generasi terbaru yang ekonomis dan efisien bahan bakar, sadar lingkungan serta dilengkapi dengan avionics yang canggih. Menggunakan mesin tunggal tetapi memiliki tenaga (shaft horse power) dan blade span yang besar, sangat cocok dijadikan helikopter latih dasar (pilot yang belum memiliki jam terbang). 

Pesud Piper Archer PA-28-181 merupakan pesawat latih kedua yang dimiliki dan dibawah binaan Skuadron 200, merupakan pesawat latih dasar yang digunakan calon rajawali-rajawali muda dalam menjalankan pelatihan terbang dan sudah menggunakan GPS Garmin g 1000 nxi, dilengkapi juga peralatan instrument yang canggih dan diharapkan siswa penerbang dapat lebih meng-improve kemampuannya serta dapat mengikuti perkembangan zaman di era 4.0. (Him)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gubernur AAL Hadiri Pengukuhan Pesud dan Helikopter

Trending Now

Iklan