Iklan

Babinsa Randudongkal Pro Aktif Dampingi Posyandu di Desa Penusupan

SuaraNegeri.com
06 Januari 2023 | 16:19 WIB Last Updated 2023-01-06T09:19:04Z

SUARA NEGERI  | RANDUDONGKAL — Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Randudongkal Kodim 0711/Pemalang melaksanakan kegiatan pendampingan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di desa Penusupan Kecamatan Randudongkal, Jumat (06/01/2023).

Posyandu merupakan kegiatan kesehatan yang diselenggarakan oleh bidan desa kepada masyarakat dibantu oleh petugas kesehatan dari puskesmas dengan tujuan meningkatkan pelayanan kesehatan dan gizi balita serta untuk menekan angka kematian bayi lima tahun (balita) dan ibu hamil serta pencegahan Stunting.

Selain pendampingan kehadiran Babinsa pada kegiatan posyandu juga bertujuan untuk membantu kelancaran kegiatan serta memberikan himbauan kepada masyarakat khusus nya kepada ibu-ibu yang memiliki balita dan ibu hamil agar datang mengikuti posyandu serta memeriksakan kesehatan balita dan kehamilannya secara berkala, dengan begitu kesehatan ibu dan anak terpantau sejak anak masih dalam kandungan.

Pada kegiatan posyandu yang diselenggarakan oleh bidan desa dan kader posyandu meliputi penimbangan balita, pengukuran tinggi badan balita, pengukuran lingkar kepala, evaluasi tumbuh kembang, serta penyuluhan dan konseling tumbuh kembang,  imunisasi, pemberian makanan menu saji sehat susu kacang ijo dan agar-agar serta pemberian vitamin A untuk balita serta pemeriksaan ibu hamil.

Sertu Tuswan di sela-sela pendampingan kegiatan posyandu kepada media mengatakan, "posyandu sebagai wadah pemeliharaan kegiatan kesehatan masyarakat akan terus rutin kami dampingi, sebagai wujud kepedulian kami terhadap kesehatan masyarakat dan merupakan upaya pencegahan stunting di desa binaan kami," ungkapnya.

Dalam kegiatan posyandu di desa, Babinsa juga terus mengingatkan warganya untuk tetap selalu melaksanakan protokol kesehatan serta memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada di desa. Kegiatan ini dihadiri Bidan desa, Kader Posyandu desa Penusupan, 8 orang mahasiswa - mahasiswi Kkn dari Universitas Jenderal Soedirman, yang diikuti kurang lebih 40 balita dan 7 Ibu Hamil.

Himawan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Babinsa Randudongkal Pro Aktif Dampingi Posyandu di Desa Penusupan

Trending Now

Iklan