Iklan

Kodim Pemalang Gelar Upacara Hari Juang TNI Angkatan Darat ke 77

SuaraNegeri.com
15 Desember 2022 | 12:38 WIB Last Updated 2022-12-15T05:38:31Z

SUARA NEGERI | PEMALANG — Kodim 0711/Pemalang menggelar upacara peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat ke 77 tahun 2022 yang bertemakan “TNI Angkatan Darat Di Hati Rakyat”, bertempat di lapangan Makodim Jl. Brigjen Katamso No. 43 kelurahan Sugihwaras Kec/Kab. Pemalang, Kamis (15/12/2022).
 
Bertindak sebagai Inspektur Upacara (irup) Komandan Kodim (Dandim) 0711/Pemalang Letkol Inf Roihan Hidayatullah, S.Sos., M.Tr(Han) dan sebagai Komandan Upacara (Danup) Danramil 11/Belik Kapten Inf Suprapto yang diikuti seluruh anggota Kodim 0711/Pemalang dan Minvetcad IV/05 Pemalang baik militer maupun PNS.
 
Dalam upacara ini Irup membacakan amanat Panglima Besar Jenderal Soedirman (Alm) antara lain robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasadku ini, tetapi jiwaku yang dilindungi benteng Merah Putih akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang kuhadapi.
 
Tentara bukan merupakan suatu golongan di luar masyarakat, bukan suatu "Kasta" yang berdiri di atas masyarakat, tentara tidak lain dan tidak lebih dari salah satu bagian masyarakat yang mempunyai kewajiban tertentu.
 
Tentara hanya mempunyai kewajiban satu ialah mempertahankan kedaulatan negara dan menjaga keselamatannya, sudah cukup kalau tentara teguh memegang kewajiban ini.   Lagi pula sebagai tentara, disiplin   harus dipegang teguh, tunduk kepada pimpinan atasannya, dengan ikhlas mengerjakan kewajibannya, tunduk kepada perintah pimpinannya, inilah yang merupakan kekuatan dari suatu tentara.
 
Janji sudah kita dengungkan, tekad sudah kita tanamkan, semua ini tidak akan bermanfaat bagi tanah air kita, apabila janji dan tekad ini tidak kita amalkan dengan amalan yang nyata.
 
Selanjutnya Kasad Jenderal TNI DR. Dudung Abdurachman dalam amanatnya yang dibacakan Irup Komandan Kodim (Dandim) 0711/Pemalang Letkol Inf Roihan Hidayatullah, S.Sos., M.Tr(Han) mengucapkan “Selamat Hari Juang TNI AD Tahun 2022", kepada segenap prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI AD beserta keluarga dimanapun bertugas dan berada.
 
Selanjutnya, peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat kali ini kita selenggarakan secara sederhana di tengah-tengah suasana keprihatinan dan empati yang mendalam kepada saudara¬ saudara kita yang tertimpa musibah bencana alam di berbagai daerah. Oleh karenanya, rangkaian kegiatan peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat ke 77 tahun ini kita isi dengan doa bersama dan penyaluran bantuan kemanusiaan bagi korban musibah bencana alam.
 
“Tema Hari Juang TNI Angkatan Darat Tahun 2022 ini adalah "TNI Angkatan Darat di Hati Rakyat" yang merepresentasikan visi dan komitmen TNI AD untuk senantiasa manunggal dengan rakyat serta menempatkan kepentingan rakyat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai prioritas tertinggi dalam setiap pelaksanaan tugas dan pengabdian”, tambahnya
.
Palagan Ambarawa menurut Kasad merupakan peristiwa monumental yang menjadi salah satu bukti dahsyatnya kekuatan yang terbangun dari bersatunya TNI dan rakyat, sehingga dapat mengalahkan   kekuatan   pasukan  kolonial yang jauh lebih modern.
 
“Berbagai program yang telah dicanangkan seperti ketahanan pangan, penanganan stunting dan kesehatan, TNI AD Manunggal Air, Babinsa Masuk Dapur, dan penanganan bencana alam harus terus dilaksanakan dengan serius dan tulus ikhlas
 untuk membantu pemerintah menghadapi berbagai potensi ancaman terhadap kehidupan sosial masyarakat”, tuturnya.
 
“Kita akan segera memasuki tahun politik menjelang diselenggarakannya Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2024. Belajar dari pengalaman sebelumnya, situasi di tahun politik berpotensi membuka celah terjadinya berbagai ancaman yang disebabkan oleh perbedaan¬ perbedaan pandangan politik yang seringkali disusupi oleh kelompok-kelompok radikal dan intoleran’, katanya.
 
Pada akhir amanatnya Kasad mengajak seluruh prajurit TNI AD untuk terus melakukan tindakan¬ tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan rakyat. Muaranya adalah "TNI Angkatan Darat di Hati Rakyat."

Himawan

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kodim Pemalang Gelar Upacara Hari Juang TNI Angkatan Darat ke 77

Trending Now

Iklan