Iklan

Bapak Infrastruktur TNI AL Resmikan Sederet Fasilitas Strategis Di Penghujung Tahun

SuaraNegeri.com
27 Desember 2022 | 06:12 WIB Last Updated 2022-12-26T23:12:41Z

SUARA NEGERI | JAKARTA — TNI Angkatan Laut (TNI AL) terus melaksanakan pembangunan sejumlah infrastruktur strategis, diantaranya sejumlah fasilitas penunjang bagi satuan operasional maupun satuan pendidikan guna mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) prajurit Jalasena yang profesional, hingga fasilitas untuk kesejahteraan prajurit serta keluarganya. Sebanyak 16 infrastruktur di jajaran TNI AL di sejumlah satuan kembali diresmikan oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dari Kesatriaan Mako Komando Latihan Koarmada I, Sunter Jakarta Utara, Senin (26/12). 

Laksamana yang dijuluki Bapak infrastruktur TNI AL ini membangun berbagai fasilitas sarana dan prasarana seperti perkantoran, perumahan, fasilitas olah raga maupun tempat ibadah dan yang paling fenomenal adalah membangun 15 kolam renang yang tersebar di jajaran TNI AL seluruh Indonesia, yang merupakan pembangunan fasilitas pangkalan terbanyak sepanjang sejarah TNI AL hingga saat ini. 

Tercatat sepanjang kepemimpinan Laksamana Yudo sebagai Kasal, perubahan nyata khususnya pada aspek pembangunan infrastruktur sangat dirasakan khususnya oleh personel dan keluarga TNI AL.  Personel TNI AL yang berdinas di Kolat Koarmada I, Peltu Nav Sumarno, yang telah berdinas di Kolat sejak tahun 1994. "Dulu sangat terbatas dalam sarana prasarana, bahkan kolam renang kita harus meminjam ke tempat lain dengan kondisi yang kurang baik. Tapi saat ini sarana prasarana sudah lengkap baik untuk latihan prajurit maupun sarana lainnya, bahkan sudah memiliki kolam renang sendiri. Saya ingat kalau mau lari lari tidak ada tempat, saat ini kita bisa setiap saat lari lari di lapangan olah raga yang kondisinya sangat bagus,” ujar Peltu Sumarno.

Saat acara peresmian tersebut, Laksamana TNI Yudo Margono  menyampaikan bahwa, dalam membangun TNI AL yang profesional, modern dan tangguh, pembangunan SDM menjadi prioritas utama. Menurutnya SDM yang unggul bukan sekedar semangat tempur yang tinggi serta profesional, tetapi juga sejahtera dan dilengkapi dengan baik. 

“Tentunya dengan validisai oragnisasi yang ada di TNI AL harus diikuti dengan pembangunan sarana prasarana dan perumahan prajurit. Rencana Kerja dan Anggaran Kementrian/ Lembaga (RKA-KL) yang kita susun pada 2022 harus tepat sasarannya, sehingga merata, baik itu untuk Alutsista, kesejahteraan prajurit, maupun prasarana perkantoran, sehingga akan selaras antara validasi organisasi dengan pengawakan organisasi,” tegas Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.   

Dari 16 Fasilitas yang diresmikan, empat diantaranya merupakan sarana pendidikan yang ada di Komando Latihan Koarmada I yaitu Gedung Mess Siswa Saturnus, Gedung Danpuslat Aldebaran, Gedung Serbaguna Canopus, serta sarana rekreasi Kolam renang dan Jacuzzi di Tirto Sagoro 01 yang diperuntukkan bagi prajurit serta keluarganya. 

Selain itu diresmikan juga fasilitas yang berada di sejumlah satuan TNI AL yaitu Gedung Satkor Koarmada III, Mess Kowal Koarmada III, Mako Detasemen Kavaleri (Menkav) 3 Salawati Sorong, Mako Detasemen Artileri (Menart) Salawati Sorong, Mako Wing Udara III Biak, serta Guest House Koarmada III.

Pada aspek kesejahteraan prajurit, juga diresmikan Flat bagi prajurit dan keluarganya bertipe 45 yang ada di Lantamal V Surabaya berlokasi di Gunung Sari dan Rumah Negara tipe 45 di Pesapen. Sementara itu, Rumah Negara tipe 45 Lantamal III Jakarta berlokasi di Cawang, dan Rumah Negara tipe 70 Lantamal VIII Manado, serta Gedung Mako Puslatpur Baluran, dan Kolam Renang Tirto Sagoro 14 di Brigif 2 Marinir.

Dalam peresmian ini secara simbolis dan terhubung melalui video conference dengan disaksikan satuan-satuan TNI AL di sejumlah wilayah di tanah air, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menandatangani prasasti serta melaksanakan penekanan sirine yang menandakan resminya fasilitas tersebut untuk digunakan bagi prajurit TNI AL. 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bapak Infrastruktur TNI AL Resmikan Sederet Fasilitas Strategis Di Penghujung Tahun

Trending Now

Iklan