Iklan

Cerita Horor Banjir 37 Tahun Di Desa Sugiarjo Kini Berakhir

SuaraNegeri.com
13 November 2022 | 10:14 WIB Last Updated 2022-11-13T03:14:07Z

SUARA NEGERI | DELI SERDANG —  Sudah 37 Tahun masyarakat Desa Sugiarjo selalu ditakuti banjir pada saat musim penghujan tiba, banjir diduga dikarenakan parit yang tidak mengalir dengan optimal, ditambah lagi parit adalah tumpuan satu-satunya aliran air dari beberapa Desa, seperti aliran dari Desa Bintang Meriah, Desa Mesjid, Desa Batang kuis Pekan, Desa Paya Gambar, Desa Sidodadi kemudian semua bertumpu di Desa Sugiarjo.

Hal ini yang membuat kepala Desa Sugiarjo Hariadi menciptakan ide untuk menggali atau membuat aliran parit baru dengan menggajak beberapa Tokoh para Kepala Desa yang ada di Kecamatan Batang Kuis dan pihak - pihak perkebunan untuk membantu masyarakat agar tidak lagi dihantui banjir saat musim hujan datang.

Sebelumnya pada tanggal 24 Oktober sudah dilakukan rapat Musyawarah bersama Muspika Kec.Batang Kuis beserta beberapa Kepala Desa dalam hal membahas pembuatan parit baru untuk mengalirkan air ditempat tumpuan aliran dari beberapa Desa yang Ada di Kec.Batang Kuis.

Dalam Rapat Musyawarah tersebut dihadiri Kepala Desa Sei tuan Kecamatan pantai Labu, yang merupakan Akses utama pengorekan parit baru tersebut, kemudian dihadiri Kepala Desa Sugiarjo, Desa Bintang Meriah, Desa Bakaran Batu, Desa Mesjid, Desa Batang kuis Pekan, Desa Paya Gambar dan Desa Sidodadi.

Diketahui lahan parit yang akan di gali tersebut berada di lahan PUS KOPAD tepatnya di Dusun I Desa Seituan Kecamatan Pantai Labu maka pemerintahan yang tergabung dari beberapa Desa di Kecamatan Batang Kuis dan Kecamatan pantai Labu  Mengundang Kepala Kodam I/BB CQ, Puskopkar A BB agar mau membantu memberikan izin membuat parit baru tersebut.

Setelah mendapatkan izin dari PUS KOPAD berhubung juga musim penghujan, maka dengan atas Ijin Ketua Kodam 1/ BB kemudian di gali lahan tersebut untuk pembuatan parit, adapun ukuran parit sekitar panjang 500 meter dan memiliki lebar berkisar 3 meter dan dengan kedalaman sekitar 3 meter.

Salah satu mantan Kades termasuk Tokoh Masyarakat di Desa Sugiarjo yaitu Sunyoto(76) mengatakan,  "Sudah sekitar 37 tahun perencanaan pembuatan parit ini di inginkan Masyarakat disini, tentunya sudah pergantian beberapa Kepala Desa, akhirnya setelah dijabat Kepala Desa Hariadi Putra ini, baru tercapai dan terlaksana, tentunya saya selaku mantan Kades yang pernah menjabat selama 25 Tahun di Desa Sugiarjo ini sangat berterima kasih sekali kepada beliau, ucap mantan Kepala Desa ini dengan wajah senang.

Disamping itu, Kepala Desa Sugiarjo yaitu Hariadi Putra mengucapkan banyak berterima kasih pada PUS KOPAD beserta rekan-rekan Kepala Desa se Kecamatan Batang Kuis, kepada BPD dan LPM beserta jajaran dan kepada para Tokoh Masyarakat dan para Pengusaha-pengusaha yang turut berpartisipasi mendonaturi kegiatan pengorekan parit tersebut.

" Semoga dengan adanya parit baru ini yang sudah terlaksana saat ini kita berharap tidak ada lagi rumah-rumah Warga yang kebanjiran, terutama di Desa yang kami cintai ini dan juga Desa-Desa sekitar Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang ini karena 37 tahun Warga Desa Sugiarjo tentunya sudah merasakan dampak banjir disaat musim Hujan," pungkasnya (13/11/2022).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cerita Horor Banjir 37 Tahun Di Desa Sugiarjo Kini Berakhir

Trending Now

Iklan