Gempa M 3,5 Guncang Palu, Akibat Aktivitas Sesar Palu Koro

SuaraNegeri.com
13 September 2022 | 04:30 WIB Last Updated 2022-09-12T21:30:00Z


SUARA NEGERI | PALU – Gempa Bumi magnitudo 3.5 mengguncang Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (13/9/2022). Data dari BMKG yang dibagikan di group Whatsapp Disaster Forum Sulteng, gempa terjadi sekitar pukul 00.12.16 WITA. Pusat gempa berada di 0.94 LS – 119.85 BT 5 km arah baratdaya Palu 

Getaran gempa dirasakan III MMI di Palu. Getaran III MMI digambarkan sebagai getaran yang terasa nyata dalam rumah dan getarannya terasa seperti truk berlalu. Di Sigi dirasakan pula pada skala II-III MMI.

Kepala Stasiun Geofisika Palu, Sujabar, S.T menyampaikan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Palu Koro.

“Hingga hari Selasa, 13 September 2022 pukul 00:32 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” jelasnya.

BMKG juga memastikan,bahwa gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami.Namun, BMKG meminta masyarakat di Palu, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.(Dhankz)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gempa M 3,5 Guncang Palu, Akibat Aktivitas Sesar Palu Koro

Trending Now

Iklan