-->
  • Jelajahi

    Copyright © SUARANEGERI.COM | BERITA SUARA NEGERI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Halaman Depan

    SUARA NEGERI

    Tingkatkan Kualitas dan Profesionalitas Wartawan, Sekber IPJT Pekalongan Gelar Diklat Jurnalistik

    SuaraNegeri.com
    17 Maret 2022, 21:04 WIB Last Updated 2022-03-17T14:04:05Z

    SUARANEGERI.com, PEKALONGANPuluhan Wartawan yang terhimpun dalam wadah Sekber Insan Pers Jawa Tengah( IPJT) DPC Pekalongan Raya, pada Kamis,(17/03/2022) menggelar kegiatan Diklat Jurnalistik.

    Kegiatan yang digelar diruang Jatayu Pemkot Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah.

    Giat ini menghadirkan narasumber dari wartawan senior kota  Pekalongan, Trias Purwadi, yang membawakan materi penjabaran dan pemahaman UU Pers dan Kode Etik jurnalis untuk profesi wartawan dan Abdurahman Wartawan Radar Pekalongan yang membawakan materi tentang tehnik pembuatan berita serta Ardhi Sholehudin selaku Pimred Media Realita dengan materi peran penting jurnalis di era digital.

    Ketua Sekber IPJT Pekalongan Raya, Ali Rosidin, Dan Moh Safik selaku Sekjend IPJT, menyebutkan bahwa kegiatan kali ini dalam rangka meningkatkan profesionilisme dan kualitas seorang jurnalis dalam pembuatan berita.

    "Kegiatan ini bertujuan guna meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan dalam pembuatan berita yang tentunya harus berimbang dan mengedepankan kode etik jurnalistik," tutur Ali.

    Sementara itu, Sekda Pekalongan dalam  sambutannya yang mewakili walikota Pekalongan menuturkan agar peserta Diklat mampu menyerap pengetahuan sekaligus mampu menerapkan keilmuan jurnalistik dengan benar. 


    "Wartawan dalam melaksanakan tugas liputan harus mampu mengedepankan kode etik jurnalisnya. Karena etika yang dibawa seorang Jurnalis akan mengidentifikasi keprofesionalan seorang Wartawan, Disamping itu, Wartawan juga selalu belajar agar berita yang ditayangkan mampu mengedukasi kepada masyarakat. Karena pengkabaran yang disampaikan dilandasi dengan data dan referensi yang dapat dipertanggungjawabkan,"katanya.

    ” Menuju wartawan yang profesional dan bermartabat dapat diukur dalam kemampuannya menjalankan tugas sesuai parameter UU PERS dan kode etik Jurnalis. Wartawan harus mampu merilis berita dengan kekuatan data dan referensi, Disamping konfirmasi kepada narasumber yang representatif. Dengan kemampuan penjabaran ini, tentu materi berita dapat memberikan kontribusi edukasi kepada masyarakat," imbuhnya.

    Dia menambahkan, masyarakat kita sudah pandai memilah dan memilih berita yang bermutu maupun berkapasitas. Oleh karenanya, dalam kerja Wartawan dituntut profesionalitas dengan dasar UU PERS beserta kode etiknya.

    Lebih lanjut, dirinya menyambut baik semangat Wartawan yang tergabung dalam wadah IPJT yang selalu mau belajar, seperti halnya mengikuti kegiatan Diklat jurnalis kali ini. (IPJT/ W-023)
    Comment

    Tampilkan

    LATEST NEWS