-->
  • Jelajahi

    Copyright © SUARANEGERI.COM | BERITA SUARA NEGERI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Halaman Depan

    SUARA NEGERI

    Bangun Pasar Rakyat di Pedalaman Papua, Satgas TNI 412 Kostrad Berhasil Dongkrak Perekonomian Masyarakat

    SuaraNegeri.com
    20 Maret 2022, 21:21 WIB Last Updated 2022-03-20T14:21:54Z

    SUARANEGERI.com, PAPUA Masyarakat pedalaman Papua tepatnya di Desa Tima Distrik Balingga, Kabupaten Lanny Jaya Papua, kini merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan aktivitas jual beli hasil kebun dan bahan sembako lainnya. Pasalnya, Prajurit Satgas Yonif MR 412 Kostrad telah membangunkan Pasar rakyat di wilayah tersebut.

    Sebelum dibangun Pasar Rakyat, untuk memasarkan hasil kebun biasanya masyarakat memanfaatkan halaman Gereja Manggalome di Desa Tima yang terbuka, dimana saat berjualan secara lesehan masyarakat akan langsung terpapar panas sinar matahari dan parahnya bila hujan maka masyarakat harus segera mengamankan dagangan mereka agar tidak kehujanan.

    Berangkat dari pengamatan sistem perekonomian warga tersebut, Prajurit Satgas Yonif MR 412 Kostrad dari Pos Tima berinisiatif mendirikan Pasar Rakyat, dengan memanfaatkan bahan-bahan sederhana yang tersedia di alam, Prajurit tempur Kostrad yang mempunyai sesanti Bharata Eka Sakti itu bersama-sama masyarakat mendirikan pasar rakyat, setelah pengerjaan rampung untuk menambah nilai historis Pasar rakyat tersebut diberi nama Pasar Bharata Tima.

    Hal ini disampaikan Komandan Pos (Danpos) Tima Satgas Yonif MR 412 Kostrad Lettu Inf Tarudin, S.Sos dalam rilis tertulisnya yang diterima, Minggu (20/3).

    Lebih lanjut, Danpos Tima mengatakan bahwa “Kami mendirikan Pasar Bharata ini bertujuan untuk membantu meningkatkan perekonomian rakyat dengan membantu memfasilitasi masyarakat dalam menjual hasil perkebunan mereka, sehingga mereka bisa berjualan dengan nyaman tanpa harus kepanasan dan kehujanan, selain itu yang tidak kalah penting dengan adanya Pasar Bharata ini masyarakat tidak perlu lagi menuju kota yang jauh dengan akses jalan yang sangat terbatas untuk menjual hasil kebun”, terang Danpos 

    Ditemui disela-sela kegiatannya di Pos Kotis yang berada di Distrik Tiom Lanny Jaya, Dansatgas Yonif MR 412 Kostrad Letkol Inf Moch. Renaldy H., S.Sos., M.Si. menegaskan bahwa kegiatan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat merupakan salah satu program unggulan Satgas Yonif MR 412 Kostrad di daerah penugasan 

    "Kami Satgas Yonif MR 412 Kostrad hadir di tanah Papua ini selain menjaga stabilitas keamanan juga berupaya dan berbuat walau dengan hal sekecil apapun untuk memberikan manfaat dan mengatasi kesulitan masyarakat salah satunya membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah penugasan" tegas Letkol Inf Renaldy

    Sebagai ungkapan terima kasih, masyarakat Desa Tima menggelar acara syukuran dihari perdana Pasar Bharata di operasionalkan, dalam acara tersebut masyarakat menggelar kegiatan tari-tarian adat bersama dengan Prajurit Satgas Pos Tima sebagai wujud syukur dan bahagia mereka serta doa agar kiranya Pasar Rakyat yang telah didirikan ini berdampak positif terhadap perekonomian Masyarakat di Desa Tima. 

    Sementara itu, Saudara Betti Wenda yang merupakan Tokoh Pemuda di Desa Tima menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Satgas Yonif 412 MR 412 Kostrad khususnya dari Pos Tima atas inisiatif dan usahanya mendirikan Pasar Bharata tersebut serta berharap semoga Pasar Bharata ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Tima Distrik Balingga Kabupaten Lanny Jaya Papua. (**)
    Comment

    Tampilkan

    LATEST NEWS