Kasus Demam Berdarah Meningkat, Polsek Bukateja Aktif Lakukan PSN

Redaksi Utama
20 April 2024 | 16:48 WIB Last Updated 2024-04-20T09:48:52Z

SUARA NEGERI | PURBALINGGA — Personel Polsek Bukateja mengikuti kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Desa Wirasaba Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Kegiatan dilaksanakan untuk mencegah penyakit demam berdarah.

Kegiatan PSN dilaksanakan Polsek Bukateja bersama dengan personel TNI, petugas kesehatan UPTD Puskesmas Bukateja, perangkat desa, bidan desa, kader kesehatan serta warga masyarakat.

Kapolsek Bukateja Iptu Dono Hendarto mengatakan pihaknya melibatkan personel untuk melaksanakan PSN sebagai upaya mencegah terjadinya demam berdarah di wilayah Kecamatan Bukateja. Dimana jumlah kasus demam berdarah mulai meningkat.

"Dari data sampai bulan ini, ada 75 kasus demam berdarah yang terjadi di wilayah Kecamatan Bukateja. Oleh sebab itu kegiatan pemberantasan sarang nyamuk perlu digiatkan," ucapnya, Sabtu (20/4/2024).

Menurutnya perlibatan personel dalam kegiatan PSN, merupakan wujud dukungan kepolisian dalam mencegah penyakit demam berdarah. Dengan harapan angka kasus demam berdarah di wilayah Kecamatan Bukateja bisa turun tidak lagi bertambah.

"Kami akan terus aktif melaksanakan kegiatan PSN bersama unsur terkait. Tidak hanya di Desa Wirasaba namun di desa-desa lain wilayah Kecamatan Bukateja," tegasnya.

Kepala Desa Wirasaba Riyadi menyampaikan kali ini dilakukan pemberantasan sarang nyamuk untuk mencegah kasus demam berdarah. Dimana di wilayah Desa Wirasaba sampai saat ini terdapat enam kasus. 

"Dari enam kasus demam berdarah di Desa Wirasaba, satu orang meninggal dunia," ucapnya.

Riyadi menjelaskan bahwa pemberantasan sarang nyamuk di Desa Wirasaba kali ini menyasar 615 rumah. Seluruhnya diperiksa ada tidaknya jentik nyamuk di kamar mandi, tempat penampungan air, selokan dan tempat lain yang memungkinkan nyamuk berkembangbiak. 

"Hasil pemeriksaan ada 36 lokasi penampungan atau genangan air yang terdapat jentik nyamuk. Langsung dilakukan tindakan pembersihan," jelasnya. (Imam Santoso)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kasus Demam Berdarah Meningkat, Polsek Bukateja Aktif Lakukan PSN

Trending Now

Iklan