Bupati Pemalang Lantik 113 Pejabat Baru, Ini Pesannya

SuaraNegeri.com
12 Januari 2024 | 23:08 WIB Last Updated 2024-01-12T16:08:11Z

SUARA NEGERI | PEMALANG — Bupati Pemalang  Mansur Hidayat, mengucapkan selamat kepada seluruh pejabat yang baru saja dilantik dan diambil sumpah jabatannya.

Pelantikan ini dilaksanakan dari hasil proses seleksi terbuka dan kompetitif pada jabatan tinggi pratama serta rotasi mutasi dan promosi pada jabatan administrator pengawas dan kepala sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang.

"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan merupakan salah satu indikator berjalannya fungsi organisasi sebuah proses dalam ilustrasi dan penyusunan kebutuhan personil dalam birokrasi, bertujuan melakukan pengembangan karir kapasitas kelembagaan dan pembinaan sebagai aparatur sipil negara," kata Mansur Hidayat,  usai melantik 113  pejabat tinggi pratama di Pendopo Kabupaten Pemalang, pada Jum'at 12 Januari 2024.

Menurut Mansur Hidayat, momentum pelantikan ini dapat digunakan untuk menunjukkan dedikasi,  loyalitas melalui kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas.

"Dimanapun saudara bertugas hargai dan pahami makna dari jabatan saudara dalam melaksanakan tugas, dengan penuh rasa tanggung jawab amanah mengerahkan segenap kemampuan dibarengi semangat kerja tinggi, tunjukkan hasil kerja saudara kepada masyarakat untuk membuktikan bahwa saudara layak menjabat sebagai pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang," ujarnya.

lanjut Mansur,  saya hormati kepada para pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilantik pada hari ini, kita ketahui bersama bahwa terdapat mekanisme progresif yang wajib dipatuhi dalam proses promosi pengisian jabatan pimpinan tinggi Pratama yaitu seleksi secara terbuka dan kompetitif yang dilakukan oleh panitia seleksi mekanisme tersebut telah kita laksanakan transparan dan akuntabel berdasarkan UU nomor 20 tahun 2023 tentang ASN dan peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS serta berpedoman pada peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan Reformasi  nomor 13 tahun 2014 tentang tata cara pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka di lingkungan instansi pemerintah berkaitan dengan hal tersebut.

Ia berpesan kepada para pejabat yang baru saja dilantik jangan terjebak pada euforia  euforia kegembiraan dan terlalu berbangga diri karena sudah dipromosikan namun hendaknya saudara segera beradaptasi dengan mekanisme kerja tugas dan fungsi serta tanggung jawab yang baru terapkan fungsi manajemen dengan mengutamakan efektivitas dan efisiensi serta susun skala prioritas program kerja perangkat daerah guna mendukung tercapainya visi misi Kabupaten Pemalang ciptakan inovasi bangun dialog kinerja positif terapkanlah nilai-nilai yang berakhlak dan kasih sesuai bidang tugasnya masing-masing hindari copy paste kegiatan dan buatlah terobosan-terobosan baru yang mampu mengakselerasi kinerja instansi dengan tetap memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, saya minta tingkatkan fungsi koordinasi dan komunikasi untuk memperkuat sinergi pada seluruh instansi dan sekunder terkait baik internal maupun eksternal dan yang terakhir dijunjung tinggi dedikasi loyalitas serta integritas saudara dalam menjalankan tugas sebagai ASN maupun pejabat pimpinan tinggi Pratama. 

Dirinya berharap kedepannya untuk pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang bukan pejabat yang minta dilayani ASN merupakan Pamong yang harus melayani harus memiliki jiwa melayani untuk membantu masyarakat, tingkatkan kepedulian empati dan sinergi dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,  sebagai Agent of chance atau agen perubahan menuju Pemalang lebih baik. 

Mansur berharap ASN harus mampu mengimplementasikan berakhlak yaitu berorientasi pelayanan akuntabel kompetensi harmonis loyal ada aktif dan kolaboratif,  jadilah role model di lingkungan kerja maupun di lingkungan masyarakat dengan perilaku dan akhlak yang baik sesuai dengan tadi fakta integritas yang sudah saudara tanda tangani, menjadi orang yang baik di lingkungan kerja maupun di lingkungan tempat kita tinggal.

Dalam Pelantikan tersebut dihadiri, Ketua DPRD Pemalang, forkopimda Pemalang, dan tamu undangan penting lainnya. (Rudi).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Pemalang Lantik 113 Pejabat Baru, Ini Pesannya

Trending Now

Iklan