Babinsa Desa Lawangrejo Beri Pelatihan Peningkatan Kapasitas Satlinmas

SuaraNegeri.com
20 Desember 2023 | 15:53 WIB Last Updated 2023-12-20T08:53:35Z

SUARA NEGERI | PEMALANG — Peningkatan keamanan dan ketertiban masyarakat merupakan hal yang sangat penting dalam masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan peran serta dari seluruh lapisan masyarakat termasuk Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas). Satlinmas adalah wadah bagi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya.

Bertempat di Aula Desa Lawangrejo Kec Pemalang Kab Pemalang, Kopda Endi Kuswoyo Babinsa Desa Lawangrejo Koramil 01/Pemalang dan Bhabinkamtibmas Aiptu Yudi.A. Santoso 
dari Polsek Pemalang menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Satlinmas, yang diikuti oleh 15 anggota Satlinmas Rabu, 20/12/2023.

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas anggota Satlinmas dalam menjalankan tugasnya sebagai wadah masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Dalam pelatihan ini dijelaskan kepada para peserta Satlinmas tentang tugas dan fungsi Satlinmas serta penanganan tindak kejahatan di lingkungan sekitar.

Babinsa Endi Kuswoyo memberikan pembekalan kepada para peserta melalui ceramah singkat tentang tugas dan fungsi Satlinmas serta pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar. Ia menyampaikan pentingnya peran aktif Satlinmas dalam memberikan informasi tentang kejadian-kejadian yang terjadi di lingkungannya serta bekerja sama dengan pihak keamanan untuk mencegah tindak kejahatan.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Aiptu Yudi.A. Santoso  mengajarkan teknik-teknik dasar patroli dan cara menghadapi situasi yang tidak diinginkan. Hal ini dilakukan agar para anggota Satlinmas dapat melakukan patroli dengan teknik yang benar dan efektif untuk meminimalisir tindak kejahatan.

Pelatihan dilanjutkan dengan simulasi tindak kejahatan dan bagaimana cara mengatasinya. Simulasi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada peserta tentang cara menangani situasi yang tidak diinginkan dengan cara yang tepat.

Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Satlinmas ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas Satlinmas sebagai wadah masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya. 

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan koordinasi antara Satlinmas, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dalam kesempatan ini, para peserta juga diminta untuk menjadikan kegiatan pelatihan sebagai modal dasar untuk mengoptimalkan peran Satlinmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan sekitar. Selanjutnya, diharapkan kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara berkala untuk memastikan kesiapan Satlinmas dalam menjalankan tugasnya.

Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, peran serta Satlinmas sangatlah penting. Pelatihan Peningkatan Kapasitas Satlinmas di Desa Lawangrejo, Pemalang ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas anggota Satlinmas agar dapat melaksanakan tugasnya dengan lebih baik. Semoga kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara teratur dan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat di lingkungan sekitar. (rl/himawan)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Babinsa Desa Lawangrejo Beri Pelatihan Peningkatan Kapasitas Satlinmas

Trending Now

Iklan