CLOSE ADS
CLOSE ADS

Lebih 1.100 Orang Tewas, Maskapai Besar Membatalkan Penerbangan ke Israel

SuaraNegeri.com
09 Oktober 2023 | 07:52 WIB Last Updated 2023-10-09T00:52:33Z

SUARA NEGERI | TEL AVIV — Hingga dini hari ini, Senin (9/10) jumlah korban tewas meningkat menjadi lebih dari 1.100 orang, setelah serangan mendadak Hamas terhadap Israel

Benjamin Netanyahu memperingatkan akan adanya ‘perang yang panjang dan sulit’ ketika kabinet keamanan menandatangani otorisasi luas untuk tindakan militer.

Sejumlah maskapai-maskapai penerbangan besar membatalkan puluhan penerbangan ke Tel Aviv akhir pekan ini, setelah kelompok militan Palestina Hamas melancarkan serangan mendadak terhadap Israel.

American Airlines, Air France, Lufthansa, Emirates dan Ryanair termasuk di antara mereka yang menarik penerbangan ke bandara Ben Gurion di Tel Aviv.

Namun, otoritas bandara tidak menghentikan hubungan udara komersial dengan bandara internasional kedua Israel di Eilat, sebuah tujuan wisata di Laut Merah.

Dan maskapai penerbangan Israel El Al mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka mempertahankan penerbangannya di Tel Aviv untuk saat ini, meskipun beberapa penerbangan yang dioperasikan oleh mitra asing telah dibatalkan.

El Al mengatakan, pihaknya beroperasi “sesuai dengan instruksi pasukan keamanan Israel”, dengan semua penerbangan sekarang hanya berangkat dari Terminal Tiga di Ben Gurion.

Seperti kebanyakan maskapai penerbangan lainnya, dikatakan bahwa klien dapat mengubah tiket mereka tanpa biaya.

Di Athena, kementerian luar negeri mengatakan, pihaknya sedang berupaya memulangkan 149 wisatawan Yunani dari Israel, dan 81 di antaranya dijadwalkan tiba kembali pada Minggu malam dengan penerbangan El Al.

Setelah daftar maskapai penerbangan besar membatalkan penerbangan pada hari Sabtu, operator bandara AENA Spanyol mengatakan kepada AFP bahwa empat dari sembilan penerbangan yang dijadwalkan ke Tel Aviv pada hari Minggu telah dibatalkan, dua dari Madrid dan dua dari Barcelona.

Sembilan penerbangan lainnya, dari Tel Aviv ke bandara di Spanyol, sejauh ini tidak terpengaruh, kata operator tersebut.

Air Europa Spanyol mengatakan, pihaknya telah membatalkan dua penerbangan yang dijadwalkan antara Madrid dan Tel Aviv, sementara Iberia Express, maskapai penerbangan nasional berbiaya rendah Iberia, melanjutkan penerbangan Madrid-Tel Aviv setelah menangguhkan dua penerbangan pada hari Sabtu.

Vueling, maskapai penerbangan berbiaya rendah yang berbasis di Barcelona, mengatakan mengingat situasi di Israel, “penerbangan ke/dari Tel Aviv terpengaruh dan mengalami penundaan”.

Juru bicara Lufthansa Jerman pada hari Sabtu mengutip “situasi keamanan saat ini” yang mengatakan, mereka membatalkan semua penerbangan ke dan dari Tel Aviv “sampai dan termasuk hari Senin”.

Air France mengatakan, pihaknya telah menghentikan penerbangan Tel Aviv “sampai pemberitahuan lebih lanjut”, dan maskapai penerbangan berbiaya rendah grup Air France-KLM Transavia mengatakan pihaknya membatalkan semua penerbangan dari Paris dan Lyon ke Tel Aviv hingga dan termasuk Senin.

Maskapai penerbangan Italia, ITA, membatalkan penerbangannya paling cepat hingga Minggu pagi “untuk melindungi keselamatan penumpang dan awak”, sementara maskapai penerbangan Polandia LOT membatalkan penerbangannya dari ibu kota Polandia pada hari Sabtu.

Warga AS dipastikan tewas di Israel

Pemerintah AS telah mengkonfirmasi bahwa “beberapa” warga negara AS telah tewas sejak Hamas menyerang Israel pada hari Sabtu.

Dewan Keamanan Nasional mengatakan bahwa mereka terus berhubungan dengan rekan-rekan Israel ketika serangan balasan berdarah di wilayah Palestina di Gaza terus berlanjut. (Red/sumber: theguardian)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lebih 1.100 Orang Tewas, Maskapai Besar Membatalkan Penerbangan ke Israel

Trending Now

Iklan