CLOSE ADS
CLOSE ADS

Formasi CASN PPPK 2023 Dinilai Tidak Adil, Nakes Brebes Sampaikan 'Surat Cinta' Ke Pj Bupati

SuaraNegeri.com
24 September 2023 | 15:28 WIB Last Updated 2023-09-24T08:28:26Z

SUARA NEGERI | BREBES — Tahun 2023, Pemerintah Pusat membuka lowongan formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk PPPK, Namun Pemerintah Pusat melalui Kementrian Keuangan hanya mengakomodir 70% dari formasi yang ditetapkan.

Menyesuaikan hal itu, Pemerintah Kabupaten Brebes dengan kesediaan anggaran akhirnya menentukan formasi yang tersedia dengan memprioritaskan pada CASN PPPK tenaga pendidik. Selanjutnya formasi CASN PPPK dari Tenaga Kesehatan (Nakes) dianggarkan pada tahun 2024 mendatang.

Hal itu seperti yang disampaikan Pemkab Brebes melalui surat yang beredar tentang Penjelasan Seleksi CASN formasi tahun 2023 yang ditanda tangani Sekretaris Daerah Brebes, Djoko Gunawan MT.

Sebelumnya, aksi protes juga disampaikan para tenaga kesehatan di lingkungan Pemda Brebes.

Ratusan honorer tenaga kesehatan (nakes) dan non nakes pada fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) melakukan aksi demonstrasinya di depan Kantor Pelayanan Terpadu (KPT) Brebes pada Jum'at (22/9).

Mereka menilai untuk formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) PPPK 2023 tidak adil.

Menyikapi itu, Mahfudin, aktivis KPS Babakan Ketanggungan Brebes menilai perlu direvisi.

Dalam surat terbuka yang ditujukan kepada pejabat eksekutif dan legislatif serta sejumlah tembusan kepada para pewarta, ia menulis peran serta nakes menjadi penting untuk capean Indek Pembangunan Manusia (IPM).

Begini isi suratnya.

Brebes, 24/9/2023.

Yth
1) Pj. Bupati Brebes
2) Ketua DPRD Kabupaten Brebes
3) Komisi 4 DPRD Brebes

Dengan hormat, Apa itu yang dimaksud dengan IPM?

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengukur capaian pembangunan manusia berbasis sejumlah komponen dasar kualitas hidup. Sebagai ukuran kualitas hidup, IPM dibangun melalui pendekatan tiga dimensi dasar. Dimensi tersebut mencakup umur panjang dan sehat; pengetahuan, serta kehidupan yang layak.

Panjang umur dan sehat adalah cakupan pertama IPM. Disini peran nakes di Kab. Brebes menjadi prioritas untuk kuota P3K 2023 ini. Prioritas berikutnya tenaga pendidik, guru.

Untuk itu perlu dilakukan revisi alokasi kuota P3K nakes di Kab. Brebes tahun 2023 ini. 

Terima kasih, 
Salam lestari, 

Solidaritas
Mahfudin 
KPS Masjaka Babakan Ketanggungan Kab. Brebes.

Sementara seperti di ketahui, Pemda Brebes melalui Sekda Brebes, Djoko Gunawan Dalam penyampaianya akan tetap memperjuangkan para nakes, dan formasi itu akan diberikan pada tahun mendatang.

Alokasi formasi P3K Kabupaten Brebes tahun 2023 total ada 2.555. Rinciannya 1646 tenaga pendidik, 895 tenaga Nakes, dan 96 tenaga teknis lainnya.

Dari alokasi itu jelas Djoko, pemkab telah menyusun formasi yang diusulkan ke pusat.

Kemudian, pihak DPKAD Brebes melakukan komunikasi dengan Kemenkeu, yang ternyata anggaran alokasi P3K hanya 70 persen dari total 2555 formasi P3K yang diajukan Pemkab Brebes.

Dari itu Pemkab akhirnya melakukan pengajuan 50 persen tenaga pendidikan dan 50 persen untuk tenaga kesehatan. Namun, ungkap Djoko, persetujuan dari KemenPAN-RB memperoleh jawaban bahwa guru menjadi prioritas nasional yang harus segera diselesaikan.

“Maka salah satu harus ditunda, sehingga pihak Pemkab Brebes mengambil formasi tenaga pendidikan dan tenaga teknis lainnya terlebih dulu,” katanya seperti dikutip dari berita sebelumnya. (RN)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Formasi CASN PPPK 2023 Dinilai Tidak Adil, Nakes Brebes Sampaikan 'Surat Cinta' Ke Pj Bupati

Trending Now

Iklan