CLOSE ADS
CLOSE ADS

Sebanyak 641 Orang KPM, Mengikuti Kerja Bakti Program PKH Peduli Lingkungan Kecamatan Pasilambena

SuaraNegeri.com
04 Agustus 2023 | 17:23 WIB Last Updated 2023-08-04T10:23:02Z

SUARA NEGERI | SELAYAR — Salah satu bentuk menjaga lingkungan dan rasa syukur, sebanyak 641 orang atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM), di Kecamatan Pasilambena yang mendapat batuan pemerintah pusat yaitu Program Keluarga Harapan (PKH) melaksanakan kerja bakti rutin setiap hari Jumat di Kecamatan Pasilambena.

Program kerja bakti rutin setiap hari Jumat ini atau PKH Peduli Lingkungan dilaksanakan sebagai program bagian dari upaya menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan kerja bakti dengan membersihkan lingkungan disepanjang jalan raya di wilayah desa masing masing di Kecamatan Pasilambena.


Seperti yang terpantau di Desa Garupa, pada Jumat (04-08-2023). Melihat langsung warga masyarakat, dimana banyak warga yang didominasi kaum ibu-ibu sedang melakukan kerja bakti membersihkan rumput disepanjang pinggir jalan utama desa.

Nurbaya salah seorang KPM dari Dusun Kawawu, Desa Garaupa mengatakan dengan adanya tambahan program yang diberikan oleh bapak dan ibu pendamping dengan arahannya sehingga kami sadar kembali dengan nilai-nilai Pancasila yang selama ini sudah jarang kita lakukan gotong royong atau bersih-bersih disekitar wilayah pemukiman. 

"Alhamdulillah, ini adalah salah satu bentuk kepedulian dan pembenahan lingkungan pasca gempa yang menimpa kami pada tahun 2021 silam," ucap Nurbaya. 

Sedangkan itu, Suhartini salah seorang KPM dari Dusun Onesawengka, Desa Karumpa menuturkan kegiatan ini adalah kegiatan rutin setiap seminggu sekali dilaksanakan, tepatnya hari Jumat yang dilakukan oleh warga khususnya KPM yang mendapatkan Program PKH dan warga sekitar yang juga terlibat dengan antusias.

"Kami ucapkan terima kasih kepada bapak dan Ibu pendamping yang selalu sabar membimbing kami, sampai kami sadar bahwa kebersihan lingkungan itu sangat penting agar polusi dan penyakit itu jauh dari kampung," tutur Suhartini.

Sukarman, salah seorang Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan menjelaskan bahwa program ini dilaksanakan sebagai program unggulan di PKH di Kecamatan Pasilambena untuk pemulihan kondisi wilayah pasca gempa tahun 2021 silam. Hal ini sebagai langkah bagaimana masyarakat sadar akan kondisi lingkungan, maka kami sebagai pendamping sosial rutin mengarahkan KPM PKH Untuk melakukan gotong royong 1 kali 1 minggu.

"Sebanyak 641 orang KPM yang dilibatkan dalam kegiatan Jumat bersih ini dan kita bagi perkelompok setiap Dusunnya. Adapun poin pentingnya adalah PKH peduli lingkungan, penguatan UMKM dan pencegahan dan penangan stunting. Program ini digagas oleh Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan (PKH), yakni saya sendiri selaku Koordinator Kecamatan, Sitti Syamsiah dan Sukmawati," ujar Sukarman. (tim/irc).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sebanyak 641 Orang KPM, Mengikuti Kerja Bakti Program PKH Peduli Lingkungan Kecamatan Pasilambena

Trending Now

Iklan