CLOSE ADS
CLOSE ADS

Dinas Peternakan Berikan Vaksinasi Terhadap Hewan Ternak Di Pemalang

SuaraNegeri.com
02 Agustus 2023 | 19:11 WIB Last Updated 2023-08-02T12:11:06Z

SUARA NEGERI | PEMALANG — Anggota Kodim 0711/Pemalang Kopda Sugihartono melaksanakan pendampingan Vaksinasi pada hewan kerbau di dukuh silarang, Desa Surajaya, Kecamatan Pemalang  yang diadakan oleh dinas Peternakan dan kesehatan hewan kabupaten Pemalang, pada Rabu (2/08/2023). 

Pada pelaksanaan pemeriksaan hewan ternak yang berlokasi di Dukuh Silarang, Desa Surajaya,  Kecamatan Pemalang yang berlokasi di kandang bapak Slamet yang sebelumnya membuat laporan ke Bidang Peternakan dan  Kesehatan Hewan kabupaten Pemalang, bahwa hewan ternak yang berupa kerbau mengalami gejala gangguan penyakit surra.

Penyakit Surra adalah penyakit hewan yang disebabkan oleh infeksi protozoa, yaitu Trypanosoma evansi. Hewan yang rentan terhadap penyakit ini adalah: unta, kuda, kerbau, sapi, kambing, domba, babi, bahkan anjing. 

Hampir semua mamalia reseptif meskipun tidak semuanya rentan, dan burung kemungkinan juga reseptif. Surra dapat menginfeksi manusia berdasarkan hasil serologi, bahkan pewarnaan Giemsa ulas darah dari pasien di India menunjukkan positif mengandung Trypanosoma. 

Hadir dalam kegiatan tersebut 
1. Ir.Indri. Subkor Kesehatan Hewan,
2. Drh. Haviz Faisal
3. Drh. Alif Iman
4. Dodik Edi Pamungkas
5. Nindah Yunitasari
dan Kopda Sugihartono sebagai pendamping dari Kodim yang bersama sama tim dari dinas kesehatan hewan ternak Kabupaten Pemalang. 

Dokter hewan Haviz Faisal menyampaikan bahwa penyakit surra ini merupakan penyakit parasiter yang bersifat akut ataupun kronis. Kerugian yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah berupa penurunan berat badan, gangguan pertumbuhan, penurunan produksi susu, penurunan tenaga kerja dan berkahir dengan kematian. Penyebab, oleh protozoa Trypanosoma evansi. Parasit ini hidup dalam darah induk semang dan memperoleh glukosa, sehingga dapat menurunan kadar glukosa darah induk semangnya.

Penularan, terjadi secara mekanis dengan perantaraan lalat pengisap darah genus Lalat jenis lain seperti Stomoxys, Lyperosia, Chrysopsdan Hematobia serta jenis Arthropoda lain seperti kutu, pinjal dan lain lain dapat bertindak sebagai vektor.

Dokter hewan Alif Imam juga menambahkan, Penyakit ini biasanya terjadi secara sporadis di daerah endemi, namun dapat juga mewabah yang menimbulkan banyak korban kematian dan kerugian karena pengobatan dan perawatan. Apabila kondisi tubuh menurun atau tedapat cekaman misalnya stres, kurang pakan, kelelahan, kedinginan dan sebagainya merupakan pemicu terjadinya penyakit.

Kopda Sugihartono juga membenarkan bahwa pemberian Vaksinasi dan pengecekan hewan ternak di kandang bapak slamet dukuh silarang desa Surajaya  kacamatan pemalang kabupaten Pemalang benar adanya  dalam kegiatan tersebut dari dinas peternakan hewan ternak juga mengambil sempel darah dari ternak yang terkena penyakit surra yang nanti nya akan di cek kelaboratorium dan akan ditindak lanjuti lebih lanjut jika apabila ternak tersebut terkena penyakit surra. (rl/himawan)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinas Peternakan Berikan Vaksinasi Terhadap Hewan Ternak Di Pemalang

Trending Now

Iklan