CLOSE ADS
CLOSE ADS

200 Pelaku UMKM Kecamatan Moga Ikuti Pelatihan Pengemasan Makanan, Ini Pesan Bung Ramson

SuaraNegeri.com
21 Agustus 2023 | 20:22 WIB Last Updated 2023-08-21T13:22:23Z

SUARA NEGERI | MOGA — Dr Ramson Siagian yang akrab disapa Bung Ramson, menggandeng BRIN selaku Mitra beri pelatihan Pengemasan makanan bagi pelaku UMKM di Kecamatan Moga.

Menurut Anggota DPR RI F.Gerindra Dapil X Jateng ini, kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas produk UMKM agar lebih kompetitif.


"Kami ingin memberikan dukungan kepada UMKM untuk meningkatkan kualitas produk mereka. Salah satu faktor penting dalam hal ini adalah pengemasan yang baik dan menarik sehingga dapat menarik perhatian konsumen," kata Bung Ramson di Gedung Serbaguna Kebon semugih, Desa Banyumudal, Kecamatan Moga, pada Minggu (20/8/2023).

Ia bersama mitra kerja komisi 7 DPR RI, BRIN,  badan riset dan inovasi nasional untuk melakukan transfer ilmu. Utamanya, terkait informasi atau pencerahan pengetahuan praktis mengenai pelatihan pengemasan makanan bagi pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Pemalang khususnya Kecamatan Moga.

"Tentu saya lakukan ini, demi kewajiban moral saya, kewajiban politik saya, karena saya bisa berkantor di DPR RI Jakarta, saya bisa berdebat berdialog dengan menteri menteri, juga dengan dirjen dirjen, dengan direktur direktur, dan juga bisa memperjuangkan anggaran untuk pembangunan juga pemberian bantuan fisik, dan juga memperjuangkan aspirasi, berkat dukungan dari saudara-saudara kita di Pemalang ini," imbuhnya.

Menurutnya, tanpa perjuangan bapak, ibu dan  dukungan perjuangan saudari tidak mungkin Ia bisa berkantor Di DPR RI.

"Apa yang bisa saya perjuangkan dengan pengaruh saya sebagai anggota DPRI untuk kepentingan masyarakat di daerah pemilihan saya, Antara lain Kabupaten Pemalang,  khususnya kecamatan moga," pungkas Bung Ramson.

Pelatihan ini  diikuti oleh sekitar 200 UMKM dari berbagai sektor seperti kuliner, makanan dan minuman, serta kerajinan. Mereka akan belajar bagaimana cara membuat kemasan yang menarik, aman, dan mudah digunakan.

Saat ini pasar UMKM semakin kompetitif, sehingga mereka perlu terus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan agar dapat bersaing dengan perusahaan besar. Kami berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi para peserta.

BRIN juga turut mendukung kegiatan ini dengan memberikan informasi mengenai teknologi dan inovasi yang dapat digunakan dalam pengemasan makanan. Hal ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi para peserta, sehingga mereka dapat mengembangkan produk mereka dengan lebih baik lagi.

"BRIN selalu mendukung inovasi dan pengembangan produk berkualitas. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan UMKM di Indonesia," ungkap  Amarilia Harsanto Dameswary, S.Tp.M.Si dari Pusat Riset Teknologi dan Proses Pangan Gunung Kidul.

Salah satu peserta UMKM kecamatan Moga, Suheri sangat senang mengikuti kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada Bung Ramson yang sudah menginisiasi kegiatan ini.

"Saya pribadi selaku pengiat UMKM mengucapkan Terima kasih, kepada Bung Ramson beserta BRIN, yang sudah mengadakan acara ini, jelas ini sangat membantu bagi kami, mudah mudahan bisa kami manfaatkan dengan sebaik-baiknya agar usaha kami bisa berkembang, dan lebih maju lagi," ujarnya. (Himawan)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 200 Pelaku UMKM Kecamatan Moga Ikuti Pelatihan Pengemasan Makanan, Ini Pesan Bung Ramson

Trending Now

Iklan