Puncak Karya Agung IBTK Dihadiri Ribuan Pemedek

SuaraNegeri.com
05 April 2023 | 19:18 WIB Last Updated 2023-04-05T12:18:13Z

SUARA NEGERI | BALI — Puncak Karya Agung Ida Batara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih dilaksanakan bertepatan dengan Purnama Kedasa hari ini, Rabu (5/4/2023). 

Terlihat ribuan pemedek hadir memadati Pura untuk mengikuti puncak karya yang dipuput oleh 41 orang Sulinggih. 

Pemedek yang hadir, mulai melaksanakan persembahyangan dari pagi hari, diawali dengan upacara Pekideh pada pukul 09.00 WITA. Kemudian dilanjutkan dengan Ida Sulinggih mepuja di Bale Gajah untuk muput puncak karya dengan upakara Catur Muka di Sanggar Tawang dan During Angkasa, Padma Tiga, Pesamuan Agung.

Kemudian dilanjutkan dengan upacara ngelis dan ngayab upakara, baru melaksanakan pemuspayan di Ayun Padma Tiga dan Ayun Pesamuan Agung, Ida Betara Kayun Tedun ke Peselang Mepurwa Daksina dan melantaran titi mah-mah, hingga prosesi akhir yakni upacara ajang Agung di Bale Agung yang menandakan berakhirnya prosesi Puncak Karya Agung Ida Betara Turun Kabeh.

Setelah Puncak Karya Agung IBTK, dilanjutkan dengan nyejer selama 21 hari yakni hingga upacara penyineban di tanggal 26 April 2023 mendatang.

Untuk bakti penganyar masing-masing Kabupaten di Bali sudah diberikan jadwal tersendiri guna menghindari kepadatan pemedek yang tangkil ke Pura Agung Besakih. (Ami/bk)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Puncak Karya Agung IBTK Dihadiri Ribuan Pemedek

Trending Now

Iklan