Lagi, Kebakaran Hebat Terjang Fasilitas Pipa Pertamina Plumpang

SuaraNegeri.com
03 Maret 2023 | 22:39 WIB Last Updated 2023-03-03T15:39:32Z

SUARA NEGERI | JAKARTA — Untuk kali ke-2, kebakaran hebat terjadi lagi di Fasilitas Pipa Plumpang, Koja, Jakarta Utara.

"Saat ini kita masih fokus ke pemadaman. Api masih menyala," kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting kepada awak media, pada Jumat malam (3/3/2023).

Saat ini, Pipa Pertamina di wilayah Koja dilaporkan mengalami kebakaran pada pukul 20.11 WIB tadi. Informasi tersebut dibagikan akun Twitter resmi BPBD DKI Jakarta.

"Kebakaran Pipa Pertamina di Jl Tanah merah Bawah RT 12/RW 09 kelurahan Rawa Badak Selatan kecamatan Koja (Jakarta Utara)," disitat dari @/BPBD Jakarta, Jumat malam (3/3/2023).

Depo Pertamina Plumpang di Koja, Jakarta Utara meledak dan terbakar pada Jumat malam (3/3/2023). Ini adalah insiden kebakaran besar kedua yang melanda objek vital nasional dan terminal BBM terpenting di Indonesia tersebut sejak 2009 silam.

Kasie Ops Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Abdul Wahid mengatakan berdasarkan laporan awal insiden itu bermula dari kebakaran pipa Pertamina di fasilitas tersebut.

Sementara ledakan diduga dipicu oleh sambaran petir.

“Tapi ini baru laporan awal, nanti kita konfirmasi lagi,” ucapnya.

Hingga saat ini, kata Abdul, pihaknya telah mengerahkan sebanyak 18 unit mobil pemadam yang diisi oleh 90 personel.

Sebelumnya kebakaran hebat juga pernah melanda Depo Pertamina Plumpang pada 18 Januari 2009 silam. Kebakaran kala itu berasal dari depo 24 yang menampung sekitar 5.000 kiloliter BBM jenis premium.

Kebakaran tersebut terjadi pada hari Minggu malam, sekitar pukul 21.20 WIB. Api baru bisa dipadamkan pada Senin pagi, sekitar pukul 06.15 WIB.

VP Corcomm Pertamina Fadjar Santoso menyebut pihaknya akan tetap memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) tak mengalami gangguan meski kilang minyak di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara terbakar.

"Masyarakat secara umum tidak perlu cemas, Pertamina berusaha pasokan BBM berjalan dengan baik," ujar Fadjar dalam wawancara dengan televisi swasta, Jumat (3/3/2023).

Meski demikian, Fajar belum dapat memastikan penyebab kebakaran yang terjadi. Menurut dia, pihaknya kini tengah fokus mengevakuasi korban.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lagi, Kebakaran Hebat Terjang Fasilitas Pipa Pertamina Plumpang

Trending Now

Iklan