Iklan

SMK Sunan Kalijaga Ponorogo Kunjungan Industri Ke Jogja TV

SuaraNegeri.com
20 Desember 2022 | 21:20 WIB Last Updated 2022-12-20T14:20:25Z

SUARA NEGERI | PONOROGO — Sekolah Menenah Kejuruan (SMK) Sunan Kalijaga Ponorogo mengadakan Kunjungan Industri (KI) di Jogja TV, pada Senin, (19/12/22).

Kegiatan KI merupakan Program Kerja (proker) dari lembaga sekolah bagi peserta didik di SMK yang berada di naungan Yayasan Al Bukhori Mangunan Sampung Ponorogo.


Muchlis Kurniawan, ST., M.Pd.I kepala SMK Sunan Kalijaga Ponorogo mengatakan, KI merupakan program kerja yang wajib diikuti oleh peserta didik.

“Untuk Kompetensi Keahlian Multimedia pada kali ini kita lakasanakan KI di Jogja TV yang diikui 60 peserta didik,” katanya, (19/12).

Ia juga menambahkan, sekolah dengan slogan SMK berbasis pondok pesantren para peserta didik selain dibekali ilmu spiritual juga dibekali hard skill dan soft skill.
Masih dikesempatan yang sama, Ketua Kompetensi Keahlian Multimedia (Kakomli), Eko Wahyu Cahyanto, S.Kom menuturkan tujuan diadakannya KI sebagai bekal peserta didik di Dunia Usaha Dunia Industri atau DU/DI. 

“Di Jogja TV kali ini peserta didik dapat mengetahui proses produksi mulai dari perencanaan, pelaksanaan, editing, hingga penayangan. Dengan itu peserta didik diharapkan mampu mengasah kompetensi sesuai dengan jurusannya. Sehinga setelah lulus sekolah siap untuk terjun di dunia kerja,” ucapnya.

Di TV yang memiliki slogan Tradisi Tiada Henti ini, para peserta didik diajak untuk live streaming di acara Langen Swara. Acara yang di kemas santai itu juga untuk mengetahui profil sekolah, program keahlian, dan prestasi peserta didik. Imam Mahmudi, MH Waka Humas, Muhammad Mudhofar, S.Pd Waka Kurikulum ditunjuk menyampaikan profil sekolah dan program keahlian. Sedangkan perwakilan Putranto Dwi Cahyono dan Puspita Ayu Handayani kelas XII Multimedia didapuk menyampaikan kegiatan dan prestasi siswa.

Setelah itu peserta didik dan guru pendamping meninjau beberapa divisi mulai Master Control, Editing, News, Grafis, Voice Over, dan Library. 

“Seusai kegiatan ini peserta didik membuat laporan Kunjungan Industri (KI),” imbuh Kakomli Multimedia SMK Sunan Kalijaga.

Sementara itu, Puspita Ayu Handayani siswi kelas XII Multimedia berharap dapat menambah pengetahuan dan wawasan yang luas dunia industri. “Kami dapat melihat langsung alat Multimedia, proses produksi di studio Jogja TV. Dan diberi kesempatan untuk live streming,” ujarnya, seuasi KI

Reporter: A. Sofyan

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SMK Sunan Kalijaga Ponorogo Kunjungan Industri Ke Jogja TV

Trending Now

Iklan