Iklan

Pokdarwis Wanadadi Berdikari Siap Promosikan “Seakong” Sebagai Agro Edu Wisata

SuaraNegeri.com
17 November 2022 | 02:25 WIB Last Updated 2022-11-16T19:25:20Z

SUARA NEGERI | BANJARNEGARA – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) “Wanadadi Berdikari” telah dikukuhkan pada Selasa (15/11/2022) di Obyek Wisata “Seakong”, kompleks Waduk Panglima Besar Soedirman yang masuk wilayah Desa Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara jawa tengah.

Pengukuhan dilakukan oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara, Tursiman S. Sos, dihadiri Kepala DKPPLH, Ir Singgih Haryono, Camat Wanadadi Sapto Aji SH, M.SI beserta jajaran, Kades Wanadadi Sigit Utoyo beserta perangkat. Hadir pula tokoh Wanadadi, H. Bambang Prawoto Sutikno.

Plt Kepala Disparbud, Tursiman S. Sos, memberikan selamat berdirinya Kelompok Sadar Wisata yang menjadi aktor penggerak kepariwisataan desa. 


Ia mengatakan, pariwisata merupakan salah satu sektor penggerak perekonomian, termasuk perekonomian di desa, sehingga perlu diberi perhatian lebih agar dapat berkembang dengan baik. 

“Untuk mendorong sektor pariwisata di desa, diperlukan berbagai upaya pengembangan satunya ialah gerakan Sadar Wisata, yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam mendorong iklim yang kondusif bagi perkembangan pariwisata. Jadi masyarakat sadar bahwa desanya bakal dikunjungi banyak orang, untuk itu kebersihan dan kenyamanan wajib dijaga. Disamping itu, juga sadar untuk mengambil peran,” kata Tursiman.  

Tursiman menambahkan, Gerakan Sadar Wisata tersebut diwujudkan melalui Pokdarwis yang akan menjadi lokomotif dalam menghidupkan pariwisata dan ekonomi kreatif di desanya. 

Pokdarwis sebagai suatu institusi lokal memiliki kepedulian dan tanggung jawab dalam pelaksanaan desa wisata. 

“Pokdarwis harus kreatif dalam pengembangan wisata berdasarkan potensi lokal dan kreativitas yang dimiliki oleh desa, atraksi desa dan memunculkan rasa memiliki terhadap kemajuan pariwisata di desanya. seperti Desa Panglipuran di Bali yang masyarakatnya sudah sangat memahami potensi desanya,” ujar Tursiman memberi contoh.

Kades Wanadadi Sigit Utoyo, pembentukan Pokdaris sebenarnya sudah dirancang sejak lama. Sebagai kades ia menyadari potensi luas wilayah Desa Wanadadi yang dua per tiga merupakan perairan waduk Mrica. Bersama perangkat, didukung bumdes, tokoh masyarakat dan desa, kemudian menginisiasi berdirinya pokdarwis seiring dibukanya obyek wisata Seakong. 

Seakong sendiri mulai dirintis sejak Januari 2022, dan mendapat dukungan dari Indonesia Powert. Di obyek wisata ini, pengunjung juga bisa menikmati indahnya senja di Waduk Panglima Besar Soedirman atau waduk mrica.

“Beberapa kegiatan pernah terselenggara di sini, antara lain Kampung Ramadhan, mancing mania, kopdar klub otomotif dan lainnya. Jadi kami optimis obyek wisata ini banyak mendapat sambutan masyarakat,” kata pria yang akrab disapa Pak Toyek ini.

Ketua Pokdarwis) “Wanadadi Berdikari” Ahmad Muhajar menambahkan, kedepan Seakong akan disempurnakan sebagai Wisata Agro Eduwisata berbasis pertanian, perkebunan dan peternakan yang dikekola olah BUMDes dan didukung Pokdarwis.

“Kami ingin seakong menjadi wisata edukasi dan pertanian. Harapannya bisa untuk kunjungan siswa sekolah, camping, dan pameran UMKM yang mempromosikan potensi lokal,” harapnya. 

Camat Wanadadi Sapto Aji SH, M.SI, sangat mendukung Seakong yang digadang-gadang sebagai Wisata Agro Eduwisata di wilayahnya.

“Ini cita-cita bersama, dan masyarakat sangat mendukung,” ujar Aji ketika ditemui Rabu (16/11/2022) di kantornya. (Agus P / One)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pokdarwis Wanadadi Berdikari Siap Promosikan “Seakong” Sebagai Agro Edu Wisata

Trending Now

Iklan