Iklan

Pergerakan Tanah Terjadi Di Desa Majatengah, Satu Rumah Perlu Penanganan Serius

SuaraNegeri.com
09 November 2022 | 08:12 WIB Last Updated 2022-11-09T01:12:28Z

SUARA NEGERI | BANJARNEGARA — Bencana tanah longsor menimpa satu rumah warga di Desa Majatengah, Kecamatan kalibening, Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah, menyebabkan kerugian materi akibat kerusakan pada sebagian bangunan rumah dan isinya, pada Selasa (8/11/2022) sore.

Pak RT, Miswanto, membenarkan kejadian tanah longsoran menimpa rumah milik keluarga Bapak Kasno (41) di kadus 3 (tiga) Rt03/Rw03, dusun sampang, Desa Majatengah, Kecamatan kalibening, Banjarnegara. 


"Hanya menimpa bangunan rumah, korban jiwa tidak ada, dan diatasnya rumah Bapak Kasno ada sekitar 8 (delapan) rumah, kata Miswanto, hari ini. 

Ia menambahkan, hujan deras yang berlangsung lama itu menyebabkan pergerakan tanah hingga akhirnya terjadi longsor menimpa rumah warga.

Peristiwa itu, ujar dia, hanya menyebabkan kerugian materi, rumah pak Kasno, dan juga air dari sungai yang deras mengikis tanah dan mengakibatkan pergerakan tanah menjadi bencana longsor. 

"Kami dari warga meminta kepada dinas terkait, terutama di bagian bawah sungai di kasih Bronjong biar ada kekuatan untuk menahanan sementara waktu supaya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Sementara itu, Menurut Kepala Desa Majatengah Mustofa (8/11/22), terjadinya pergerakan tanah didusun Sampang Desa Majatengah, setiap ada Musim hujan tinggi, di karenakan debit air dari hutan yang deras mengikis sungai kali jojogan yang kewenanganya adalah Serayu Opak.

Sementara Kepala Desa Majatangah, sudah berupaya meminta bantuan dari Serayu Opak untuk di  adakan Bendungan/Bronjong, agar sungai tidak semakin curam, namun sampai saat ini belum ada Respon. 

"Sedangkan di atas kali jojogan terdapat pemukiman padat penduduk," Ungkapnya. (Agus P/ One)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pergerakan Tanah Terjadi Di Desa Majatengah, Satu Rumah Perlu Penanganan Serius

Trending Now

Iklan