Buka Pelatihan Jurnalistik IJTI Sulteng, Gubernur: Kita Akan Buat Tiap Tahun

SuaraNegeri.com
30 Mei 2022 | 11:01 WIB Last Updated 2022-05-30T04:01:24Z

SUARANEGERI.COM | PALUGubernur Sulawesi Tengah, H Rusdy Mastura membuka kegiatan pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan Pengurus Daerah Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia Sulawesi Tengah (IJTI Sulteng), di Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulteng, Senin (30/5/22). 

Pelatihan bertema "Profesionalitas Kehumasan dan Media di Era Digital" tersebut, diikuti lebih 25 peserta dari instansi di bawah naungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat penting bagi Humas dalam meningkatkan sumber daya manusia. 

"In sha Allah ini tiap tahun kita lakukan. Sulawesi Tengah ini sumber daya alamnya cukup berlebihan, sehingga peningkatan kualitas sumber daya manusianya harus ditingkatkan. Salah satunya bersama pers mendorong masyarakat untuk mau maju dan berkembang," kata Rusdy Mastura. 

Menurutnya, hal itu menjadi suatu keharusan, sebab Sulteng menjadi salah satu dari lima provinsi yang ditetapkan sebagai kawasan pangan nasional. Wilayah yang dimaksud Rusdy Mastura adalah Provinsi Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah dan Papua.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura yang bersedia hadir langsung dan mendukung penuh kegiatan pelatihan ini," ujar 

Ketua Pengda IJTI Sulteng, Hendra Abrar mengpresiasi atas partisipasi dari semua peserta, dimana dalam catatan IJTI Sulteng telah mengundang 21 instansi, namun peserta yang hadir melebihi 30 orang, termasuk tiga diantaranya adalah mahasiswa magang di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulteng.

"Tentunya ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada teman-teman seprofesi, IJTI Sulteng, serta beberapa sponsor, Bank Bukopin dan Salumalino Chanel yang telah bersedia melakukan live streaming di acara ini, serta media  partner kami," tutur Hendra. 

Ia menyatakan peran Humas saat ini tidak hanya sekadar menjalin hubungan baik dengan wartawan, tetapi Humas moderen lebih dari itu. Untuk menjalankan fungsi tersebut, penting bagi seorang humas membekali diri dengan keterampilan menulis layaknya jurnalistik, yakni mampu memberikan informasi yang menarik dan aktual untuk instansi atau lembaganya.

"Saya mewakili teman-teman IJTI Sulteng memiliki harapan yang cerah terhadap keberlangsungan dunia jurnalistik ke depan. Semoga melalui pertemuan ini, dapat memberi manfaat bagi kita semua," harap Hendra.

Materi yang disajikan dalam pelatihan jurnalistik tersebut, disampaikan Indra Yosvidar, Ketua KPID Sulteng, yang merupakan Dewan Pembina IJTI Sulteng, membawakan materi berjudul Anomali Humas dan Media. 

Materi kedua disampaikan Heri Susanto dengan materi berjudul Tips Menulis Rilis ala Jurnalis. Sementara dua materi lainnya disampaikan fotografer senior, Basri Marzuki dengan judul materi Teknik Fotografer Jurnalistik. Materi keempat adalah Videografi Jurnalistik yang disampaikan Abdee Mari, Jurnalis TVOne. (Syahril Hantono)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Buka Pelatihan Jurnalistik IJTI Sulteng, Gubernur: Kita Akan Buat Tiap Tahun

Trending Now

Iklan