-->
  • Jelajahi

    Copyright © SUARANEGERI.COM | BERITA SUARA NEGERI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Halaman Depan

    SUARA NEGERI

    Mendadak, Wakil Bupati Pemalang Pantau Aktivitas Obyek Wisata Sarangdana Pulosari

    SuaraNegeri.com
    27 Maret 2022, 22:45 WIB Last Updated 2022-04-02T06:27:41Z

    SUARANEGERI.com, PEMALANG Wakil Bupati Pemalang, Mansyur Hidayat sambangi pertunjukan pentas seni tradisional Kuda Lumping di Obyek Wisata Sarangdana, Desa Pulosari, Kecamatan Pulosari, pada Sabtu (26/3) kemarin.

    Kehadiran Wakil Bupati Pemalang di obyek wisata sub Bumdes Pulosari tersebut, sempat mengejutkan sejumlah pengelola dan pengunjung pentas seni tradisional Kuda Lumping yang saat itu sedang "break Maghrib".

    Hal ini terjadi lantaran sebelumnya tidak ada jadual atau pemberitahuan oleh pihak Bumdes Argosari selaku pengelola.

    Meski demikian, saat Wakil Bupati memasuki aula, tiga paguyuban yang saat itu mengisi jadwal pentas, spontan beraksi dengan sebuah tarian khusus penyambutan Tamu Kehormatan.

    Kepada awak media, Mansyur Hidayat menjelaskan, kedatangannya ke Sarangdana bukan kunjungan resmi, melainkan hanya mampir bersilaturahim dan ingin menyaksikan kegiatan di obyek wisata tersebut, setelah memenuhi undangan Pengajian umum di Desa Kalitorong, Kecamatan Randudongkal.

    Selain itu, Wakil Bupati juga mengapresiasi kepada kruew Bumdes Argosari Pulosari yang tengah berjuang mensukseskan (Desa wisata/Dewi) yang menjadi salah satu program unggulan menuju Pemalang yang Adil Makmur Agamis dan Ngangeni (Aman).

    Lebih lanjut, Mansyur Hidayat menyarankan agar pihak terkait dan pengelola  wisata berani bekerja keras guna menata dan mempublikasikan melalui media massa dan jejaring sosial, sehingga Obyek Wisata Sarangdana bisa eksis dan di kenal dikalangan masyarakat luas, sehingga wisatawan tertarik berkunjung ke obyek wisata tersebut.

    Adapun terkait dengan perhatian pemerintah daerah, Mansyur menjelaskan Pemerintah melalui dinas terkait dipastikan akan mensupport (memberi dukungan dan bantuan), dengan mengacu pada kelengkapan administrasi sebagai persyaratannya.

    Beliau menyarankan, untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah maupun kabupaten, pihak wisata agar berkordinasi dengan pemerintah melalui pihak terkait ( Dinas Pariwisata Kabupaten Pemalang), supaya obyek wisata tersebut mendapatkan SK sesuai dengan kriterianya.

    "Karena SK tersebut merupakan syarat permohonan untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah," terang Wakil Bupati Pemalang, yang malam itu tampak didampingi istri tercinta, Rosalina Mansyur.


    Sementara, Toni Heryanto selaku Direktur Utama Bumdes Argosari Pulosari kepada wartawan mengatakan, dengan "Rawuhnya Mansyur Hidayat selaku Wakil Bupati Pemalang, akan mewujudkan impian masyarakat Desa Pulosari memiliki Destinasi Wisata Desa, icon desa sekaligus sebagai penyumbang pendapatan asli desa/PADES, bukan sebagai wacana dan khayalan belaka.

    Boss sayur warga Dukuh Karangpoh ini menguraikan, kegiatan yang sudah berjalan sesuai jadwal di wisata tersebut, pada setiap hari Sabtu siang hingga malam, pementasan seni tradisional Kuda Lumping 4 paguyuban yang terdiri dari Krido Turonggo mudo (KTM), Turonggo Sakti (TO), Turonggo Naga Jati (TNJ) dan Putra Sarangdana(PS), sistem bergilir perhari, kecuali keadaan tertentu.

    Kemudian menyusul minggu pagi sampai sore lomba kicau burung (gantangan ) terbuka. Senin pagi hingga sore di isi dengan Audisi tembang Dangdut terbuka dengan iringan live music, Selasa malam latihan karawitan kru Bumdes, serta pada hari Jumat-nya di meriahkan dengan  lomba mancing terbuka, jelas Toni Haryanto. (Himawan)


    Comment

    Tampilkan

    LATEST NEWS