-->
  • Jelajahi

    Copyright © SUARANEGERI.COM | BERITA SUARA NEGERI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Halaman Depan

    SUARA NEGERI

    Dua Tahun Terhenti, Kejurnas Judo Kasad Cup Kembali Digelar

    SuaraNegeri.com
    25 Maret 2022, 18:36 WIB Last Updated 2022-03-25T11:36:42Z

    SUARANEGERI.com, JAKARTA – Kejuaraan Nasional Judo Piala Kasad (Kejurnas Judo Kasad Cup) kembali digelar setelah sempat terhenti selama dua tahun dikarenakan pandemi Covid - 19. 

    Pembukaan Kejurnas Kasad Cup XIII tahun 2022 ini, digelar di GOR Kartika Divif 1 Kostrad, Cilodong, Jumat (25/3/2022). Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E, M.M, diwakili oleh Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad) Letjen TNI Wisnoe. P.B  sebagai inspektur upacara  dan  dihadiri Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) Letjen TNI Maruli Simanjuntak serta para pengurus PB PJSI. 

    Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Irjenad, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengungkapkan bahwa Kejuaraan Nasional Judo Kasad Cup merupakan kalender rutin tahunan Pengurus Besar PJSI yang telah berlangsung  untuk yang ke 13 kalinya. 

    Menurut Kasad, kejuaraan ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi olahraga Judo, sebagai ajang pembinaan yang berkesinambungan dan sebagai tolok ukur pembinaan olahraga Judo di tanah air. 

    Selain itu,  melalui Kejurnas yang memperebutkan Piala bergilir Kasad ini, diharapkan mampu mencetak pejudo-pejudo muda berprestasi yang dapat diproyeksikan untuk mengikuti program Pelatnas dalam rangka persiapan menghadapi event regional dan internasional, serta persiapan menghadapi Asian Games XIX 2022 di Hangzhou, China dan Sea Games XXXI 2022 di Vietnam. Selain itu, Kejurnas ini dijadikan sebagai ajang untuk pengumpulan nilai/poin menuju PON XXI 2024 di Aceh-Sumut. 

    Kasad berharap, pada Kejuraan Judo Kasad Cup ke XIV pada tahun depan, turut juga dilombakan kelas militer,  sehingga ke depannya TNI AD akan menghidupkan kembali Persatuan Judo Angkatan Darat (PJAD). 

    "Oleh karena itu, masing-masing Kotama  mempersiapkan dan membina para atletnya. Markas Divisi 1 Kostrad akan dijadikan sebagai  training center untuk pejudo TNI AD, " ungkap Kasad dalam sambutan tertulisnya. 

    Sementara itu, Ketua Umum PJSI Letjen TNI Maruli Simanjuntak usai pembukaan Kejurnas Judo Piala Kasad menegaskan pada Kejuaraan Judo Kasad Cup ke XIII ini, mulai dipertandingkan kategori Cadet yang diharapkan dapat menjadi kader Atlet Judo Nasional yang diproyeksikan untuk Sea Games, Asian Games sampai dengan Olimpiade. 

    "Judo ini merupakan olahraga Olimpiade, target kita dengan kejuaraan ini akan sampai ke sana. Di samping itu juga kategori atlet Judo dari TNI AD dibuat kategori tersendiri karena PJAD baru dihidupkan kembali, dan bila berprestasi  dimungkinkan untuk direkrut oleh Pelatnas," ujarnya. 

    Letjen TNI Maruli juga menyampaikan bahwa Training Center (TC) bagi atlet Judo Nasional yang dilaksanakan di Ciloto, akan menyertakan mulai dari kelas Cadet, " imbuhnya. 

    Kejuarnas Judo Kasad Cup XIII  ini mempertandingkan berbagai kelas perorangan meliputi Kelas Junior di bawah 15 tahun, Kelas Senior diatas 15 - 19 tahun, Kelas Cadet 12-14 tahun, serta beregu Nageno Kata dan Juno Kata dengan jumlah peserta 470 orang dari 23 Pengurus Provinsi Judo di  Indonesia dan  berlangsung hingga tanggal 27 Maret 2022. (^)
    Comment

    Tampilkan

    LATEST NEWS