-->
  • Jelajahi

    Copyright © SUARANEGERI.COM | BERITA SUARA NEGERI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Resmikan Bendungan Tugu Trenggalek, Jokowi Dorong Petani Bisa Panen 3 Kali Dalam setahun

    SuaraNegeri.com
    01 Desember 2021, 20:34 WIB Last Updated 2021-12-01T13:34:52Z
     

    SUARA NEGERI ■ Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Kabupaten Tranggalek, Propinsi Jawa Timur dalam rangka meresmikan bendungan Tugu, pada Selasa (30/11/2021).

    Jokowi menyebut bahwa, bendungan tugu yang baru diresmikan saat ini sudah siap untuk dimanfaatkan guna memperkuat ketahanan pangan di Indonesia.

    Diketahui, Bendungan Tugu yang ada di kota Trenggalek, JawaTimur dibangun dengan biaya 1,69 trilliun  serta memiliki kapasitas tampung 12juta M3, dan memberikan manfaat irigasi seluas 1250 hektar.

    Selain itu, saat kunjungannya ke Trenggalek Jokowi menyempatkan untuk menyambangi Desa Buluagung, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek.

    Pada saat itu, Presiden Jokowi melakukan penanaman padi bersama para petani di Desa Buluagung.

    Terpantau, Presiden Jokowi didampingi oleh sejumlah menteri serta Gubenur Jawa Timur hingga Bupati, akan menanam padi bersama para petani di area sawah seluas 75 hektare.

    "Siang hari ini, saya bersama-sama dengan Menteri Pertanian, Menteri PU, kemudian Gubernur Jawa Timur, Bupati Trenggalek, dan Bupati Bojonegoro, bersama-sama dengan petani melakukan penanaman padi di areal kurang lebih 75 hektare," kata Presiden Jokowi.

    Presiden Jokowi berharap, setelah peresmian Bendungan Tugu langsung bisa dimanfaatkan oleh para petani untuk mengair lahannya.

    Terlebih, para petani bisa meningkatkan produksinya setelah memanfaatkan aliran air dari Bendungan Tugu.

    "Tadi para petani menyampaikan sekarang ini bisa panen dua kali padi dan satu kali palawija. Dengan adanya nanti Bendungan Tugu, airnya sudah mengalir sampai ke sawah-sawah di sini," ujar Presiden Jokowi.

    "Akan bisa panen padi tiga kali, palawija sekali sehingga produktivitas setiap hektare yang ada di kabupaten Trenggalek ini bisa naik secara drastis," terang Jokowi.

    Tentunnya, Kepala Negara juga berharap, hadirnya  bendungan Tugu  di Trenggalek Jawa Timur yakni  bisa meningkatkan produksi pertanian di wilayah tersebut.

    "Kemudian juga, secara keseluruhan di provinsi Jawa Timur ini produksinya 5,7 juta ton beras untuk memenuhi kebutuhan Jawa Timur maupun juga mensuplai provinsi lain secara nasional," jelas Presiden Jokowi. (monica verynda)


    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru