-->
  • Jelajahi

    Copyright © SUARANEGERI.COM | BERITA SUARA NEGERI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Peringati HKN, Dinkes Tulungagung Berikan Penghargaan Kepada Nakes Berprestasi

    SuaraNegeri.com
    02 Desember 2021, 21:01 WIB Last Updated 2021-12-02T14:01:43Z
     

    SUARA NEGERI ■ Guna memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung memberikan penghargaan kepada para tenaga kerja (Nakes) yang telah berperan dalam penanggulangan Covid-19 dan melaunching beberapa program unggulannya.

    Program unggulan yang dimaksud antara lain yaitu program Executive information system (EXSIS).

    Kadinkes Kabupaten Tulungagung dr.Kasil Rokmad MMRS mengatakan, sebelumnya Dinkes sudah memiliki aplikasi Sistem Kesehatan Tulungagung (SIKESTA), SIKESTA ini bermanfaat untuk memonitoring pelayanan kesehatan masyarakat Tulungagung.

    Namun ternyata di dalam aplikasi tersebut, kata dia, pihaknya masih merasa kesulitan untuk merinci macam- macam pelayanan kesehatan yang dibutuhkan. Sehingga kami kembali 
    membutuhkan program tambahan yang kemudian diberi nama Executive Information sistem (EXIS).

    "Dimana program EXSIS ini dikhususkan untuk sistem informasi menejemen yang bisa dimanfaatkan oleh para pemangku kebijakan Dinkes," ujarnya.

    Selain untuk tujuan tersebut program EXSIS juga berguna untuk menurunkan angka kesakitan di Tulungagung,maksudnya dengan rincinnya program ini pihaknya bisa melihat orang yang beresiko menderita penyakit tertentu,seperti darah tinggi atau hipertensi.

    "Tujuannya agar bisa menurunkan resiko angka penyakit stroke, karena kita sudah melakukan edukasi ke para penderita hipertensi," jelasnya.

    Program ini juga bermanfaat untuk para ibu hamil, dengan adanya EXSIS  Pihaknya bisa memetakan kesehatan untuk ibu hamil agar bisa menurunkan resiko angka kematian ibu. Begitu pula dengan kesehatan anak-anak.

    "Para bidan desa bisa menggencarkkan sosialisasi door to door ke rumah warga," terangnya.

    Peringatan HKN diselenggarakan di ball room Crown Victoria Hotel, pada Rabu (1/12/2021).

    Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Tulungagung Gatot Sunu Wibowo,Ketua Team Penggerak PKK Tulungagung Siyuk Maryoto Bhirowo, Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung  dr.Supriyanto Dharmoredjo,Sp.BM.Kes Ketua Komisi C DPRD Tulungagung Asrori,dan perwakilan pukesmas dibawah naungan Dinkes.

    Acara peringatan HKN berjalan sukses dan lancar sampai di ahkir kegiatan. (monica verynda)


    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru