-->
  • Jelajahi

    Copyright © SUARANEGERI.COM | BERITA SUARA NEGERI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Yuuk, Upgrade Iman Kita

    SuaraNegeri.com
    25 November 2021, 03:57 WIB Last Updated 2021-11-24T20:57:17Z
     


    Saudaraku yang mencintai Allah….!, pekerjaan, urusan–urusan keduniaan dan rutinitas harian yang melingkupi kita, memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap fluktuasi Iman dalam diri kita. 

    Banyak diantara kita yang tenggelam dalam rutinitas sehingga tidak sempat memberi asupan gizi   untuk jiwa dan hati. Tidak punya waktu untuk menyirami benih-benih iman dengan air ketaatan. Jiwa menjadi lemah sehingga tidak mampu untuk menghindar dari kemaksiatan. Dan hati menjadi kering lagi gersang sehingga tidak mampu untuk melakukan kebaikan-kebaikan.

    Jika kondisi ini terus dibiarkan maka mutiara Iman yang Allah tanamkan dalam hati akan hilang satu persatu.  Oleh karena itulah Allah subhanahu wata'ala memerintahkan kita agar senatiasa melakukan perbaikan dan pembaharuan dalam setiap ucapan dan amal kita, sehingga tidak terus terpuruk dalam kubangan dosa dan kemaksiatan. 

    Allah subhanahu wata'la berfiran: "Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan, barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya dia telah mendapatkan kemenangan yang besar." (Al-Ahzab, 70-71).

    Dari Abdullah bin Amr bin al-Ash Ra.   Ahwa Rasulullah Saw. bersabda :

    إِنَّ الإِيْمَانَ لَيَخْلَقُ فِي جَوْفِ أَحَدِكُمْ كَمَا يَخْلَقُ الثَّوْبُ فَاسْأَلُوْا اللهَ تَعَالَى أَنْ يُجَدِّدَ الْإِيْمَانَ فِي قُلُوْبِكُمْ

    "Sesungguhnya keimanan itu bisa usang dalam hati salah seorang diantara kalian sebagaimana baju bisa usang, oleh karena itu, mohonlah kepada Allâh Azza wa Jalla agar Dia memperbaharui keimanan yang ada dalam hati kalian."
     (HR al-Hâkim dan At Thabrani)

     ☪ Dalam hadits diatas, Rasulullah Saw. menyebut sifat usang pada keimanan sebagaimana baju bisa usang, maksudnya iman itu bisa rusak, melemah dan berkurang, dengan sebab kenekatan seseorang dalam melakukan perbuatan maksiat dan dosa serta banyak melalaikan kewajiban agama,  sehingga bisa menghilangkan kebagusan kualitas iman seseorang.

     ☪ Keimanan itu bisa tumbuh dan bertambah dengan banyak sebab, begitu sebaliknya, keimanan itu juga bisa berkurang dan semakin melemah dengan banyak sebab yang harus dihindari.

     🌙 Umair bin Hubaib al-Khathami Ra.  mengetakan : 
      "Iman itu bisa bertambah dan bisa berkurang."  
      Beliau ditanya : 
     "Apa yang bisa menambahnya dan apa yang bisa menguranginya?" 
     Beliau menjawab :
      "Jika kita berdzikir (mengingat) Allâh Azza wa Jalla, bertahmîd (memuji-Nya) dan bertasbih kepada-Nya. Itulah yang bisa menambahnya. Jika kita lalai, menyia-nyiakan-Nya dan melupakan-Nya, maka itu bisa menguranginya.”

     ☪ Dengan keimanan, seorang hamba akan merasakan kehidupan yang tenteram di dunia dan di akhirat; Juga dengan keimanan kita akan  terhindar dari hal-hal yang tidak menyenangkan.

     ☪ Semoga Allâh Swt. menganugerahi  kita keimanan yang kuat, keyakinan yang sempurna dan taubat yang benar. Dan semoga Allâh Swt. juga mengampuni kita semua, kedua orang orang tua kita dan semua kaum Muslimin dan Muslimat. 

    Allahumma aamiin

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru