-->
  • Jelajahi

    Copyright © SUARANEGERI.COM | BERITA SUARA NEGERI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Hadiri Kemah Budaya DKD di Obyek Wisata Igir Kandang Clekatakan, Ini Pesan Bupati Pemalang

    SuaraNegeri.com
    28 November 2021, 21:07 WIB Last Updated 2021-11-28T14:07:33Z
     

    SUARA NEGERI ■ Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Pemalang gelar Kemah Budaya di Obyek wisata Igir Kandang, Desa Clekatakan, Kecamatan Pulosari.

    Kemah Budaya yang di ikuti oleh Perwakilan Sekolah Kejuruan dan Umum tersebut di isi dengan berbagai kegiatan dan Pagelaran Seni Budaya serta Lomba Sastra, Monolog,
    Ebeg (Kuda Lumping), Tari, Musik dan Kesenian lainnya.

    Tak ketinggalan, dalam giat ini di buka pula stand produk Kopi, Makanan, Minuman, dan kerajinan berbasis UMKM.

    Acara yang di rencanakan berlangsung selama Tiga hari tersebut resmi di buka oleh Bupati Pemalang Mukti Agung wibowo, pada Jumat 26 November 2021.

    terpantau hadir pula Wakil Bupati Pemalang  Mansyur Hidayat beserta Jajaran OPD, Forkompimca Pulosari dan sejumlah Kades di Kecamatan Pulosari.

    Bupati Pemalang mengapresiasi kegiatan Kemah Budaya yang di inisiasi oleh DKD.


    Menurutnya, banyak jenis Seni Budaya yang ada di Pemalang, dan di harapkan dapat menjadi filter pengaruh buruk budaya asing yang masuk ke wilayah kabupaten Pemalang khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

    Kepada awak media Mukti Agung Wibowo berpesan agar pelaku Seni budaya di Wilayahnya berani mengambil terobosan.

    " Jangan hanya menampilkan saja, praktisi Seni harus mampu membuat dan memproduksi perangkat, seperti aksesoris seni," ujarnya.

    Agung berpendapat, produk"Perangkat Seni Budaya" di yakini bisa mendatangkan keuntungan bagi pelaku Seni Budaya, pelaku UMKM dan Bisnis Pariwisata.

    "Pemerintah Daerah mendukung dan mendorong kegiatan semacam ini (Kemah Budaya atau lainnya), karena akan menjadi bagian daya tarik bagi wisatawan luar daerah untuk berkunjung, dan diharapkan setelah pulang mereka akan merindukan atau kangen dengan sambutan hangat, produk unggulan dan budaya masyarakat Pemalang," jelas Bupati.

    Sementara Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Pemalang Daerah, Mas Nung kepada wartawan mengungkapkan, bahwa selain menampilkan Seni Budaya tujuan digelarnya event tersebut  yang paling penting adalah mengenalkan kepada Anak anak.

    "Anak-anak biar tahu tentang kesenian yang masih eksis, bahkan mengupayakan agar melestarikan Seni Budaya yang betul-betul nyaris mau punah," tegasnya.

    Mas Nung optimis, meskipun kegiatannya terbentur Pandemi even ini akan membuka mata generasi muda untuk melek, utamanya terhadap tradisi dan seni budaya bangsa sendiri.

    "Setidaknya saya yakin, bahwa kaum milenial akan ikut mempublikasikan melalui Medsos," ujar mas Nung.

    Kades Clekatakan Sutrino punmemberi dukungan terkait gelaran ini, dengan berkontribusi memfasilitasi puluhan rumah penduduk (Home Stay ).

    "Sudah kami siapkan untuk di tempati peserta Kemah. Mereka akan tinggal bersama dengan Tuan Rumah," ujarnya.
     
    "Kemah Budaya yang kebetulan di selenggarakan di Desa yang saya pimpin akan menjadi manfaat yang lebih besar terutama terjalinnya tali persaudaraan di antara peserta dan masyarakat Desa kami," imbuh Kades Sutrisno.

    ■ Himawan
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru