PT.BA Relokasi Warga ke Bara Lestari

SuaraNegeri.com
03 Mei 2021 | 02:11 WIB Last Updated 2021-05-02T19:12:14Z

SUARA NEGERI ■ PT Bukit Asam Tbk hari ini resmi memulai relokasi warga ke perumahan Bara Lestari yang dibangun dan disiapkan oleh perusahaan, adapun kelompok pertama yang direlokasi merupakan warga wilayah Bedeng Obak, Karang Tinah dan ex Dok Mutik.

Secara keseluruhan terdapat 188 kepala keluarga (KK) yang yang akan dipindahkan ke Perumahan Bara Lestari, yang terdiri dari, Bedeng Obak sebanyak 115 KK, Karang Tinah sebanyak 61 Kepala Keluarga dan Ex. Dok Mutik sebanyak 12 Kepala Keluarga.

Direktur Utama PT.BA, Suryo Eko Hadianto menegaskan relokasi warga ini bukanlah karena perusahaan ingin mengeksplorasi batu bara di lokasi tersebut, namun relokasi ini merupakan penerapan nilai-nilai luhur yang dipegang teguh oleh perusahaan.

"Nilai luhur tersebut adalah we explore for civilization, we explore for prosperity, dan we explore for brighter future, (kita mencari peradaban, kita mencari kemakmuran, lalu kita mencari masa depan yang lebih cerah," Ujar Suryo Eko kepada sejumlah wartawan pada Minggu (2/5/2021) siang.

Dia menekankan salah satu nilai yang diterapkan adalah explore for brighter future atau eksplorasi untuk masa depan yang lebih baik, dia ingin masyarakat diwilayah kerja PT.BA meningkat kesejahteraannya, masa depan anak-anak lebih baik, Secara kesejahteraan bisa tempati rumah yang lebih layak.

Lanjut Suryo Eko, tidak memungkiri masih terdapat kekurangan dalam proses relokasi ini, namun semuanya terus diperbaiki dan dipersiapkan agar lebih baik, selain itu juga PTBA, tidak akan melepas begitu saja para warga yang direlokasi ditempat yang baru.

Menurutnya, perusahaan PT.BA akan selalu tetap berkomitmen terhadap warga yang direlokasikan ini di tempat baru akan jadi kampung binaan Bukit Asam ke depannya, dan pihak Perusahaan akan bertanggung jawab.

Sementara Plh Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar mengapresiasi program relokasi yang diterapkan oleh pihak PT.BA tersebut, menurut Bupati Ini adalah bentuk kepedulian yang luar biasa, sebab suksesnya PTBA dalam melakukan eksplorasi juga tidak lepas dari dukungan masyarakat di sekeliling operasional PTBA itu sendiri.

Nasrun berharap kepedulian tersebut tidak berhenti sampai di sini, mengingat masih banyak warga Kabupaten Muara Enim yang memerlukan dukungan, di mana jika mengandalkan kekuatan APBD akan sulit untuk meringankannya. 

“Kami perlu bantuan para stakeholder, dan yang terbesar dukungannya atas pembangunan Muara Enim salah satunya adalah PTBA. Bukan sekadar memindahkan orang, tetapi memberikan rumah baru, suasana baru, dan harapan baru bagi masyarakat," ucap Bupati.

Sumber: SMSI Muara Enim
Editor: Suherman
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PT.BA Relokasi Warga ke Bara Lestari

Trending Now

Iklan