Gubernur Sumsel Launching Aplikasi Songket, Pendeteksi Karhutla

SuaraNegeri.com
07 Mei 2021 | 22:28 WIB Last Updated 2021-05-07T15:28:29Z

SUARA NEGERI ■  Aplikasi Digital Songket resmi diluncurkan oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H. Herman Deru pada Jumat (7/5/2021).

Peluncuran Aplikasi pendeteksi dini kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) ini digelar di Griya Agung kota Palembang.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Wakil Ketua DPRD Kartika Sandra Desi berikut Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Herman Deru menjelaskan, Songket merupakan sistem pemantauan berbasis webgis sebagai alat bantu pengambilan keputusan dalam pencegahan dan pendendalian kebakaran hutan dan lahan di Sumsel.

“Aplikasi ini terintegrasi kesemua lintas sektor kedinasan. Termasuk masyarakat juga dapat menjadi kontributor membantu mencegah karhutla,” jelas Deru, disela peluncuran aplikasi.

Selain itu pula diwaktu yang sama Gubernur Sumsel ini juga lantik kepengurusan Forum Forum Daerah Aliran Sungai (DAS).

Sekaligus menyertakan Forum DAS sebagai mitra kepala daerah dalam mengawasi perusahaan-perusahaan dan oknum masyarakat yang tidak mematuhi aturan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan.

“Semua diharapkan menjadi pelapor aktif sehingga cepat kita atasi jika ada gejala-gejala kebakaran hutan," Kata Herman Deru menambahkan.

Dia juga menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Sumsel bergerak berintegrasi Polri, TNI, Basarnas, BPBD, dan segenap NGO," pungkasnya Gubernur Sumsel.

Dalam kegiatan ini dihadiri Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Wakil Ketua DPRD Kartika Sandra Desi berikut Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

■ Suherman
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gubernur Sumsel Launching Aplikasi Songket, Pendeteksi Karhutla

Trending Now

Iklan