Pentingnya Perkembangan Tekhnologi Bagi Insan Intelijen

SuaraNegeri.com
06 April 2021 | 16:09 WIB Last Updated 2021-04-06T09:09:19Z
Pentingnya Perkembangan Tekhnologi Bagi Insan Intelijen

SUARA NEGERI ■ Personil Korem 132/Tdl dan jajaran menerima sosisalisasi bidang Inteltek dari tim Pusintelad yang bertempat di aula Mayonif 711 Raksatama Jl. Emmy saelan Kel. Tatura selatan, Kec. Palu selatan,  kota palu, Selasa (6/4/2021).

Danrem 132/Tdl Brigjen TNI Farid Makruf dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pasi Intel Kodim 1306/Dgl Mayor Inf. Alimin menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini mempunyai arti yang cukup penting bagi kesiapan kita, dalam menghadapi beragam tugas kedepan yang semakin komplesks khususnya bagi anggota intelejen korem 132/Tdl. 
Dalam kegiatan ini anggota dapat menanyakan masalah-masalah yang belum dipahami yang pernah ditemukan di lapangan maupun yang erat kaitannya dengan pendalaman materi yang diberikan. Sehingga waktu yang tersedia benar-benar memberikan hasil yang optimal dengan kemauan yang keras disertai kesadaran dan rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap tugas-tugas yang dihadapi maka peserta dituntut mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan sebaik-baiknya, tanpa kesadaran seperti itu maka materi sosialisasi yang akan disampaikan tidak akan ada manfaatnya.

Beberapa materi sosialisasi yang akan di sampaikan oleh tim, diharapkan dapat meningkatkan kegiatan intelejen terutama yang dilaksanakan oleh anggota intelijen di jajaran Korem 132 Tadulako. Mengingat satuan intelijen memiliki posisi yang strategis sebagai sistem deteksi dini di tengah masyarakat dalam meredam dan menindak setiap gerakan yang akan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa serta membahayakan terhadap keutuhan NKRI. 

"Untuk itu pada kegiatan sosialisasi kali ini cermati dan pahami beberapa materi penting yang akan disampaikan oleh tim yang berkaitan dengan intelijen teknik yang meliputi, persandian cyber geospasial intelijen dan materiil khusus intelijen TNI Angkatan Darat,” harap Danrem.

Asisten Intelijen KASAD Mayor Jendral TNI Teguh Arief I., S.E., M.M. dalam sambutanya yang dibacakan oleh ketua tim sosialisasi Pabandya I/Sandi Siber Spaban V/Inteltek Letkol Arh Teguh waluyo, S.IP. menyampaikan Sosialisasi bidang inteltek Sintelad dilaksanakan dengan maksud memperkenalkan dan sekaligus memberikan gambaran tentang Validasi Orgas (struktur organisasi dan tugas pokok) Sintelad, khususnya Bidang Inteltek. 

Adapun tujuannya untuk memberikan pengetahuan/wawasan dan penekanan tentang arah kebijakan pimpinan TNI AD terhadap hal-hal yang berkaitan dengan tugas bidang intelijen teknik kepada seluruh personel khususnya apintel dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD.

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi bidang Inteltek ini merupakan program baru dalam organisasi Sintelad dan yang pertama diselenggarakan di jajaran Kodam XIII/Mdk. Berdasarkan Perkasad Nomor 26 Tahun 2019 tentang Orgas Sintelad, salah satu staf Sintelad adalah Spaban V/Inteltek yang salah satu tugas pokoknya adalah membantu Kasad dalam merumuskan kebijakan yang berkaitan dengan Intelijen Teknik yang meliputi persandian, siber, geospasial Intelijen dan materiil khusus Intelijen TNI AD.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang sangat masif menimbulkan banyak celah bagi siapa saja yang ingin melakukan tindakan -tindakan yang dapat mengganggu stabilitas nasional. 

Ancaman tersebut bisa datang dari dalam maupun luar negeri. Maka dari itu, kegiatan sosialisasi saat ini selain mengenalkan organisasi baru Inteltek Sintelad sekaligus memberikan pandangan dan membuka wawasan baru kepada para aparat Intelijen Kodam XIII/ Mdk bahwa pentingnya bagi kita untuk dapat menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Kegiatan Sosialisasi bidang inteltek ini dilaksanakan secara tersebar dan bergantian di seluruh kotama TNI AD dan diharapkan sosialisasi bidang inteltek ini dapat tersampaikan kepada seluruh aparat intelijen sampai dengan ketingkat daerah, agar aparat intelijen dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam mendukung tugas pokok di satuan,”ungkapnya.

"Saya sangat berharap dengan adanya kagiatan sosialisasi bidang inteltek ini, para peserta sosilalisasi dapat mengerti dan memahami apa tugas dan fungsi inteltek bagi aparat Intelijen TNI AD. Oleh karenanya terbuka ruang bagi para peserta sosialisasi nantinya untuk berinteraktif atau berdiskusi menanyakan hal-hal yang belum dipahami. Serta dapat memanfaatkan momentum ini untuk memberikan sumbang saran serta ide baru terkait dengan kebutuhan alat/teknologi baru yang sangat dibutuhkan saat ini, yang tentunya sangat berguna bagi TNI AD khususnya aparat Intelijen,” harapnya. 

■ Pen/ rls
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingnya Perkembangan Tekhnologi Bagi Insan Intelijen

Trending Now

Iklan