Polisi Lalu Lintas di Purbalingga Dilengkapi Kopek

SuaraNegeri.com
16 Maret 2021 | 14:20 WIB Last Updated 2021-03-16T07:20:28Z
Polisi Lalu Lintas di Purbalingga Dilengkapi Kopek

SUARA NEGERI ■ Satlantas Polres Purbalingga memasang Kamera Portabel Penindakan Pelanggaran Kendaraan Bermotor (Kopek). Kopek merupakan salah satu inovasi dari Ditlantas Polda Jateng untuk mendukung sistem Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE).

Kasat Lantas Polres Purbalingga AKP Fadli mengatakan Kopek merupakan perangkat kamera portabel yang dipasang di kendaraan patroli lalu lintas maupun di helm yang dipakai personel saat melaksanakan patroli. Kopek sebagai alat perekam dan identifikasi pelanggaran lalu lintas di lokasi yang belum terpasang kamera ETLE.

"Dengan rekaman tersebut petugas akan mengidentifikasi pelanggaran lalu lintas yang ditemukan. Selanjutnya rekaman dijadikan alat bukti pelanggaran," katanya.

Dijelaskan bahwa kopek bisa mendeteksi wajah pengguna yang terintegrasi dengan data SIM dan KTP. Selain itu bisa mengidentifikasi pelanggaran lalu lintas melalui plat nomor kendaraan yang telah terintegrasi data base Samsat.

"Untuk Satlantas Polres Purbalingga tahap awal sudah memasang Kopek di helm petugas patroli lalu lintas. Jumlahnya ada lima helm yang sudah dilengkapi kamera portabel tersebut dan akan ditambah sesuai dengan kebutuhan," ucapnya.

Kasat Lantas berharap dengan pemasangan kamera portabel tersebut diharapkan bisa memudahkan petugas mendeteksi pelanggaran lalu lintas. Selain itu, bisa membangun kesadaran masyarakat akan kepatuhan terhadap aturan saat berkendara sehingga menurunkan angka pelanggaran lalu lintas.

"Dengan Kopek ini juga bisa mendukung perluasan pelaksanaan ETLE dan penerapan proses tilang yang sesuai dengan prosedur tanpa penyimpangan," pungkasnya.

■ Imam Santoso /Hms

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polisi Lalu Lintas di Purbalingga Dilengkapi Kopek

Trending Now

Iklan