-->
  • Jelajahi

    Copyright © SUARANEGERI.COM | Aktual - Objektif - Berimbang
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Halaman Depan

    Pembelajaran Tatap Muka Juli Mendatang Butuh Perencanaan Detil

    SuaraNegeri.com
    05 Maret 2021, 11:16 WIB Last Updated 2021-03-05T04:16:10Z
    Pembelajaran Tatap Muka Juli Mendatang Butuh Perencanaan Detil

    SUARA NEGERI ■ Rencana pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka pada Juli mendatang merupakan langkah positif. Supaya pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan dengan baik dan lancar.

    Persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka harus direncanakan dengan baik dan detil. Selama belum dinyatakan betul-betul bebas Covid, penegakkan protokol kesehatan (Prokes) harus tetap dilakukan.

    “Saya menyambut baik adanya rencana pembelajaran tatap muka pada Juli mendatang. Konsekuensi dari itu persiapannya harus dilakukan secara cermat dan mengedepankan Prokes. Begitu pula dengan ‎tenaga yang melayani Prokes harus terlatih dan tegas. Untuk itu harus dihitung berapa jumlah tenaga berkaitan dengan keamanan, kesehatan dan keselamatan yang perlu disiapkan untuk melayani mahasiswa dan dosen,” kata pengamat pendidikan dari UGM, Prof Dr Budi Santoso Wignyosukarto di Yogyakarta, Kamis (4/3/2021) malam.

    Budi Santoso mengungkapkan, meski sekolah dan perkuliahan akan dibuka kembali, tapi alangkah baiknya jika dijalankan secara bertahap. Jadi perlu semacam tahapan adaptasi misal untuk sejumlah mahasiswa tertentu saja. Seperti hanya diperuntukkan bagi mahasiswa tahun akhir saja. Tentunya sebelum hal itu dilakukan, semua tenaga pendidik (dosen) dan staf sudah di vaksin 2 atau 3 bulan sebelum pembelajaran tatap muka dilaksanakan. Dengan begitu saat pembelajaran tatap muka dilakukan mereka bisa merasa lebih nyaman.

    “Kondisi kampus di DIY cukup beragam jadi jika kondisinya belum memungkinkan tidak perlu memaksakan diri. Kalau persiapan Prokes belum betul-betul siap, jangan mulai. Misal test Genose setiap 3 hari sekali. Agar kalau ada yang terinfeksi segera dapat diambil langkah-langkah aman untuk pencegahan,” terang Guru Besar Fakultas Teknik tersebut. (KR / Foto: JP)


    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru