-->
  • Jelajahi

    Copyright © SUARANEGERI.COM | BERITA SUARA NEGERI
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020, Polres Purbalingga Siap Amankan Nataru

    SuaraNegeri.com
    21 Desember 2020, 14:25 WIB Last Updated 2020-12-21T07:25:18Z
    Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020, Polres Purbalingga Siap Amankan Nataru

    SUARA NEGERI ■ Polres Purbalingga melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2020 dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru (Nataru). Kegiatan dilaksanakan di halaman Mapolres Purbalingga, Senin (21/12/2020).

    Apel gelar pasukan mengambil tema Melalui Apel Gelar Pasukan Kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021Dimasa Pandemi Covid-19.

    Bertindak selaku pimpinan apel Kapolres Purbalingga AKBP Muchammad Syafi Maulla. Dalam apel Kapolres membacakan amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs. Idham Aziz, M.Si..

    Isi amanat diantaranya apel gelar pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2020 dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2020 dan tahun baru 2021, baik pada aspek personal maupun sarana dan prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra kamtibmas lainnya.

    "Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2020 yang dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021 dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional," kata Kapolres membacakan amanat.

    Disampaikan dalam amanat bahwa pada pelaksana Operasi Lilin 2020 tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman.

    "Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat apalagi dimasa pandemi Covid-19. Jangan sampai perayaan Natal dan tahun baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19," pesan Kapolri dalam amanat yang dibacakan.

    Lebih lanjut disampaikan berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curas, curhat, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda ataubantar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

    "Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Lilin tahun 2020, semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa," ucap kapolres membacakan amanat.

    Usai apel gelar pasukan dilanjutkan dengan pengecekan sarana dan prasarana pendukung operasi. Kapolres PurbaIingga didampingi pejabat utama polres mengecek secara langsung kendaran dinas dan kelengkapan pendukung lainnya.

    Sementara itu, Kabag Ops Polres PurbaIingga AKP Pujiono dalam menyampaikan bahwa dalam Operasi Lilin tahun 2020 Polres PurbaIingga menyiagakan 229 personel pengamanan. Pengamanan juga dibantu personel dari TNI dan dinas terkait lainnya.

    Dalam pengamanan Operasi Lilin 2020 di wilayah Kabupaten Purbalingga didirikan Pos Pengamanan Terpadu di Alun-alun PurbaIingga, Pos Pengamanan Jompo, Pos Pengamanan Karangreja, Pos Pengamanan Bukateja dan Pos Pengamanan di Sirongge. 

    Disiapkan juga pos pengamanan di 27 gereja wilayah Kabupaten Purbalingga. Selain itu, disiagakan personel di pos pengamanan objek wisata antara lain di Owabong, Purbasari Pancuran Mas, Taman Reptil, Pemandian Tirto Asri Walik, Golaga dan Rest Area Serang.

    ■ Imam Santoso/Hms
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru