Sebanyak 74 Mahasiswa PDD Kepulauan Selayar Di Wisuda

SuaraNegeri.com
05 November 2020 | 21:27 WIB Last Updated 2020-11-05T14:27:52Z
Sebanyak 74 Mahasiswa PDD Kepulauan Selayar Di Wisuda

SUARA NEGERI ■ Sebanyak 74  mahasiswa PDD Kabupaten Kepulauan Selayar, Politeknik Negeri Bali rintisan Akademi Komunitas Negeri Selayar  mengikuti wisuda angkatan III Tahun 2020 di Gedung  Semarang Resorts Baloyya, Kecamatan Bontosikuyu, pada Kamis (5/11/2020). 

Para wisudawan itu terdiri dari 38 orang mahasiswa program studi Usaha Perjalanan Wisata Diploma Dua, dan 36 orang program studi Akomodasi Perhotelan Diploma Dua. 

Koordinator PDD Kepulauan Selayar H. Patta Bone, S.Ip., M.H mengatakan,  para mahasiswa dididik pada PDD Kepulauan Selayar Politeknik Negeri Bali selama empat semester termasuk praktek kerja lapangan di dunia usaha/dunia industri selama empat bulan, dibeberapa perusahaan, baik di hotel-hotel, di travel agent, bandar udara dan lembaga lainnya. 

Namun di Selayar ketersediaan hotel dan travel yang representatif belum tersedia sesuai kebutuhan, sehingga umumnya mereka melaksanakan praktek kerja lapangan di hotel-hotel berbintang dan travel agent di Makassar. 

"Meski dimasa COVID-19 praktek kerja lapangan tetap berjalan dengan menerapkan pratokol kesehatan ," kata H. Patta Bone. 

Sebelum diwisuda kata H. Patta Bone, mereka telah melakukan ujian kompetensi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik Negeri Bali untuk mendapatkan sertifikat profesi (keahlian) yang dibagi dalam empat kelompok yaitu, house keeping, front office, waiter (FB service) dan tour guiding. 

''Yang di wisuda hari ini, bukan hanya ijazah yang diperolehnya, melainkan mereka memperoleh sertifikat profesi sesuai jurusan masing-masing," jelasnya. 

Sementara Pjs Bupati Kepulauan Selayar Asriady Sulaiman mengemukakan PDD Selayar Politeknik Negeri Bali rintisan Akademi Komunitas Negeri Selayar merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang menyelenggarakan wisuda di daerah ini. 

Kehadiran Alumni PDD Kabupaten Kepulauan Selayar Politeknik Negeri Bali di daerah ini memiliki peran yang sangat strategis dalam rangka upaya pencapaian visi Kabupaten Kepulauan Selayar yang telah dituangkan dalam rencana pembangunan jangkah menengah daerah Kabupaten Kepulauan Selayar tahun 2016-2021 yaitu terwujudnya Masyarakatnya Maritim Yang Sejahtera Berbasis Nilai Agama dan Budaya. 

"Kita sangat optimistis bahwa Alumni PDD Kabupaten Kepulauan Selayar memiliki daya dukung yang kuat terhadap upaya pengembangan Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai kawasan ekonomi khusus dengan fokus pengembangan Pariwisata," ucapnya. 

Sedangkan Direktur Politeknik Negeri Bali Anak Agung Ngurah Bagus Mulawarman,. ST. MT., mengatakan Selayar yang memiliki keindahan alam yang bagus, perlu ditata dan dikelola dengan baik. Pengelolaan destinasi dibutuhkan sumber daya yang handal. Olehnya itu kata dia, adalah kesempatan bagi para wisudawan untuk mengaplikasikan ilmu yang didapatnya di bangku kuliah. 

"Saya berharap para alumni PDD Selayar Politeknik Negeri Bali bisa sukses di masa-masa yang akan datang. Mudah-mudahan PDD Selayar ke depan bisa berkembang dengan baik dan menjadi tulang punggung dalam rangka menghadirkan sumber daya yang berkualitas serta dapat membantu pembangunan terkhusus di sektor Pariwisata," kata Bagus Mulawarman. 

Turut hadir dalam wisudawan tersebut Sekretaris Daerah Marjani Sultan, Kadis Pariwisata, Kadis Penanaman Modal, Ketua Pengadilan Negeri Selayar, serta para Dosen PDD Selayar dan para orang tua Wisudawan wisudawati.

■ R-027

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sebanyak 74 Mahasiswa PDD Kepulauan Selayar Di Wisuda

Trending Now

Iklan