Gubernur Sulsel : Pembangunan Kapal Ro-ro 500 GT Sangat Tepat Menghubungkan Bira-Pamatata Selayar

SuaraNegeri.com
05 November 2020 | 13:07 WIB Last Updated 2020-11-05T06:07:26Z
 
Gubernur Sulsel : Pembangunan Kapal Ro-ro 500 GT Sangat Tepat Menghubungkan Bira-Pamatata Selayar

SUARA NEGERI ■ Kapal Motor Penumpang (KMP) Takabonerate 500 GT rute Pelabuhan Pamatata Selayar - Pelabuhan Bira Bulukumba, resmi dilaunching oleh Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, pada Rabu (4/11/2020), di Kawasan PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Jalan Galangan Kapal Kota Makassar. 

Selain KMP Takabonerate, juga dilakukan Keel Laying Ferry Ro-Ro 500 GT Wakatobi, dan Keel Laying Kapal Patroli KPLP Kelas III (paket B) aluminium, bertepatan pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-43 PT IKI (Persero).

Launching KMP Takabonerate ditandai dengan penandatanganan prasasti serta penekanan tombol sirine oleh Gubernur Sulawesi Selatan bersama Dirjen Perhubungan Darat. 

Selain itu, launching ini juga dilakukan penandatanganan berita acara oleh pihak-pihak yang berwenang. 

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menilai pembangunan Kapal Ro-ro 500 GT sangat tepat untuk menghubungkan Bira-Pamatata Selayar. Prof Nurdin Abdullah menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan dalam upaya menghadirkan sistem transportasi yang lebih modern, lebih aman dan lebih nyaman. 

"Sulawesi Selatan memiliki 330 Pulau. Selayar sendiri memiliki 130 pulau. Salah satu masalah yang kita hadapi adalah masalah sistem transportasi yang masih sangat tradisional," ujar Nurdin Abdullah. 

Gubernur Sulsel : Pembangunan Kapal Ro-ro 500 GT Sangat Tepat Menghubungkan Bira-Pamatata Selayar

Oleh karena itu, ke depan Nurdin Abdullah berharap kepada Kemenhub agar dermaga-dermaga besar dilayari oleh kapal-kapal Ro-ro sedangkan dermaga-dermaga kecil Pemprov Sulsel akan melakukan upaya konektivitas dengan dermaga-dermaga besar, sehingga masyarakat kepulauan juga bisa menikmati sistem transportasi modern. 

Terkait dengan pembuatan KMP Takabonerate, Direktur Utama PT. IKI (Persero) Diana Rosa mengatakan pembangunannya tidak lebih dari lima bulan. 

Menurutnya, adalah sebuah kehormatan bagi PT IKI Persero karena telah diberi kesempatan untuk membangun satu unit kapal roro 500 GT KMP Takabonerate untuk Kepulauan Selayar. 

"Kami telah berusaha totalitas untuk pembuatan kapal ini bersama seluruh tim work yang solid sehingga pembuatan KMP Takabonerate bisa kita selesaikan, yang hingga hari ini rutenya sudah kita launching. Insha Allah, tepat 23 Desember 2020 kita akan delivery kapal ini sesuai target kontrak," tutupnya.

■ R-027

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gubernur Sulsel : Pembangunan Kapal Ro-ro 500 GT Sangat Tepat Menghubungkan Bira-Pamatata Selayar

Trending Now

Iklan